Skip to main content

Work Simply – Imogen PR

Find your productivity style. Figuring out what type of person you really are will help.

 

Pernahkah Anda diberi tahu bahwa Anda adalah seorang pemikir “otak kiri” atau “otak kanan”?

 

Jika demikian, Anda sudah tahu apa yang salah dengan begitu banyak teori manajemen waktu dan produktivitas. Di sinilah penilaian gaya produktivitas dapat membantu. Penilaian gaya produktivitas adalah tes yang didasarkan pada temuan manajer lama pendidikan manajemen General Electric, Ned Herrmann. Meskipun ada banyak kepribadian yang berbeda, model Hermann menawarkan empat gaya tertentu sebagai panduan untuk memulai penilaian Anda.

 

Yang pertama adalah yang diprioritaskan. Yaitu mereka yang efisien dengan waktunya dan menggunakan data, analisis dan logika yang bijaksana untuk mendekati dan memecahkan masalah. Yang kedua adalah perencana. Yaitu mereka yang suka membuat daftar, mengatur data dan melakukan hal-hal dalam urutan tertentu. Yang ketiga adalah arranger, yang mengandalkan instingnya untuk mengambil keputusan. Dia bekerja dengan baik dengan orang lain, dan menikmati penyajian informasi secara visual, seperti dalam diagram alur yang berwarna-warni. 

 

Dan terakhir, ada visualizer, yaitu mereka yang dapat masuk ke dalam diskusi dan menemukan cara untuk mengatur ulang semua poin kunci yang memecahkan masalah semua orang. Saat membuat keputusan, dia tidak suka diseret oleh data, tetapi akan mengumpulkan masukan semua orang dan mensintesisnya menjadi sesuatu yang baru.

 

You can earn money, but you can’t earn time. Make a master task list to organize your time wisely.

 

Setelah Anda memahami bahwa Anda dapat mengendalikan masa kini dan masa depan Anda, inilah saatnya untuk bertindak! Cara terbaik untuk melakukannya ini adalah dengan berpikir secara berbeda tentang bagaimana Anda mendekati manajemen waktu.

 

Tindakan proyek adalah tugas menyeluruh yang memerlukan langkah tindakan yang lebih kecil, dan dapat memakan waktu berhari-hari atau berbulan-bulan untuk diselesaikan, seperti menata ulang dapur Anda. Tindakan selanjutnya adalah satu langkah, sesuatu yang menggerakkan Anda maju. 

 

Mencatat semua yang perlu Anda lakukan – secara sosial dan profesional – memberi Anda kesempatan untuk bertindak dan memungkinkan Anda untuk memikirkan kembali dan merevisi tindakan di masa depan.

 

You need willpower to control your own attention. Know your weaknesses and find a balance.

 

Pernah merasa seolah-olah Anda tidak bisa membuat diri Anda memperhatikan dengan baik? Sangat penting bagi Anda untuk memanfaatkan keterampilan ini, seperti apa yang Anda perhatikan memiliki dampak signifikan pada produktivitas dan kebahagiaan Anda. Perhatian adalah sumber daya yang berharga, dan Anda membutuhkan kemauan keras untuk mengarahkan dan mengendalikannya.

 

Setiap hari, Anda dapat mencurahkan perhatian Anda hanya pada sejumlah hal yang terbatas, karena perhatian tidak terbatas. Memfokuskan perhatian Anda memiliki tantangan yang berbeda untuk tipe kepribadian yang berbeda. Ingat tipe kepribadian Anda dan lihat apakah ada detail ini yang berhubungan dengan Anda. Sementara kebiasaan kepribadian yang berbeda tentu membuat pengelolaan perhatian menjadi menantang, kenyataannya adalah bahwa kita semua perlu berjuang untuk perhatian kita setiap hari. Rutinitas harian Anda harus melengkapi rentang perhatian Anda.

 

Kuncinya adalah menemukan aktivitas yang mendukung perhatian Anda dan tetap berpegang pada itu!

 

How you think and how you work is what’s unique to you – embrace it, don’t fight it!

 

Berhentilah sejenak dan pertimbangkan bagaimana pikiran Anda bekerja untuk Anda, atau melawan Anda. Yang benar adalah, pikiran kita benar-benar dapat menyabotase kita! Tapi kita punya kekuatan untuk mengubah ini.

 

Pertama, Anda perlu menyadari bahwa Anda hanya dapat memproses sejumlah informasi sekaligus. Ini biasanya berarti mengambil sekitar dua hingga tiga informasi sekaligus. Kita memproses input secara tidak sadar dan tidak sistematis, tetapi pola memang ada sesuai dengan gaya produktivitas kami. Itu sebabnya pendekatan manajemen waktu tidak efektif dan sering bersandar pada jadwal yang tidak masuk akal, tidak memperhitungkan kepribadian atau gaya produktivitas individu.

 

Apa yang tidak masuk akal, adalah jika Anda menangani masalah produktivitas Anda dengan cara yang sama persis seperti orang lain. Namun, kecuali Anda sudah menjadi perencana atau pemberi prioritas, pendekatan ini dapat bertentangan dengan gaya produktivitas Anda. Misalnya, sebagai visualisator, Anda dapat mengumpulkan informasi dari berbagai tempat, yang mungkin memberi Anda inspirasi untuk proyek Anda berikutnya. Namun, jika Anda memaksakan diri untuk berpikir dengan cara yang lebih linier, kreativitas Anda akan terhambat.

 

Singkatnya, menemukan dan berpegang teguh pada gaya berpikir dan bekerja Anda sendiri akan membantu Anda hidup untuk hidup sepenuhnya potensi yang anda punya!

 

Referensi: 

Tate, C. (2015). Work Simply: Embracing the Power of Your Personal Productivity Style. United Kingdom: Penguin Books Limited.


Imogen Public Relatios (PR) adalah PR Agency Jakarta yang terkemuka di Indonesia. PR Agency ini satu-satunya PR Consultant Indonesia yang berhasil masuk menjadi bagian dari Public Relations Organization International (PROI), sebuah asosiasi PR agency lokal atau independent seluruh dunia. 

 

Imogen PR sebagai PR Consultant Jakarta menawarkan layanan konsultasi strategis public relations, press conference, press release, media handling, media relations, corporate communications, public affairs, government relations, media monitoring, riset dan audit komunikasi, serta PR training, dan lainnya. 

WeCreativez WhatsApp Support
Head of Imogen is here to answer your questions.
👋 Hi, how can I help?