Strategi Public Relations Dapat Capai 4 Business Objection Ini, Business Owner Harus Baca

Strategi Public Relations – Imogen PR. Business objection merupakan pondasi utama dalam sebuah bisnis, tidak peduli bisnis besar, menengah, atau kecil. Selain berfungsi sebagai strategi dalam menjalankan bisnis, hal ini merupakan tolok ukur atau benchmark bagi perusahaan dalam mengukur keberhasilan bisnis. Untuk dapat mencapai business objection perumahan ada tiga departemen yang saling bersinergi antara satu sama lain. Departemen tersebut adalah marketing, PR, dan sales. Maka dari itu Strategi Public Relations sangat dibutuhkan setiap perusahaan untuk mencapai bisnis objective yang diinginkan.

Dalam koridor bisnis, PR merupakan salah satu faktor pendukung penjualan dan setara dengan marketing meski cara kerjanya berbeda tapi keduanya saling melengkapi. Strategi Public Relations harus dijalankan bersamaan dengan strategi marketing agar dapat berjalan maksimal. Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengerti betul apa-apa saja yang dapat dicapai menggunakan Strategi Public Relations. Oleh karena itu Imogen PR telah mengelompokan 5 business objection yang dapat dicapai menggunakan Strategi Public Relations. Berikut ini adalah daftarnya.

Baca juga: PR Consultant Jakarta Berikan Info Penting, Public Relations Outlook 2022

Strategi Public RelationsTangani Brand Awareness Dengan Strategi Public Relations

Brand awareness merupakan salah satu tujuan utama dari sebuah bisnis, ini berkaitan dengan membangun nama baik dan kredibilitas di kalangan media dan juga konsumen. Dalam mencapai business objective ini Strategi Public Relations merupakan salah sau faktor utama dalam membangun brand awareness. Bagi perusahaan atau brand baru, brand awareness merupakan hal pertama yang harus diraih. Setiap jenis bisnis memiliki cara tersendiri dalam membangun brand awareness. Bagi bisnis jenis consumer products, brand awareness dapat dilakukan melalui aktivitas PR seperti product launching dan community relations.

Sedangkan bisnis berjenis B to B maka kegiatan brand awareness akan berkaitan dengan press conference, thought leader, dan in depth interview. Strategi Public Relations tersebut bertujuan untuk membangun kredibilitas di mata para stakeholders.

Sales Projection

Strategi Public RelationsPenjualan merupakan motor penggerak utama bagi sebuah perusahaan, maka dari itu sales projection merupakan hal yang penting dalam menjalankan strategi bisnis agar tetap berkesinambungan. Dalam hal mencapai sales projection yang diinginkan, Strategi Public Relations merupakan bagian yang penting. Selain marketing, pengenalan produk kepada publik juga tanggung jawab dari PR lantaran keduanya bertujuan sama hanya saja berbeda cara. Bila marketing bergerak dari sisi promosi, mulai dari materi promosi di luar ruangan, media TV dan radio, sampai ke media sosial. Strategi Public Relations bergerak dari sisi relasi dengan media dalam mengenalkan produk kepada publik.

Kegiatan yang dilakukan dari sisi Strategi Public Relations biasanya product experience untuk media. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari test drive sampai hands on langsung ke produknya.

Baca juga: PR Agency Jakarta Punya 4 Saran Bagi Fresh Graduate Yang Ingin Magang Di Agency PR

Consumer Relation Management

Strategi Public RelationsDalam melaksanakan tugas meningkatkan bisnis melalui penjualan, consumer relation management merupakan hal yang penting dilakukan. Tidak hanya melalui email blast namun juga melalui relasi langsung terhadap konsumen. Namun bagaimana bisa tim sales mencapai konsumen yang sesuai dengan target pasar yang diinginkan selain dengan email blast dan door to door? Jangan khawatir karena Strategi Public Relations bisa membantu dengan strategi community relations yang akan menyentuh langsung konsumen dan calon konsumen.

Community relations yang merupakan bagian dari Strategi Public Relations dapat membantu tim marketing dan sales dalam menentukan strategi promosi dan pengembangan produk. Sebab, praktisi PR akan turun langsung bergerilya untuk menjalin relasi dan mencari insight yang valid. Langkah ini penting untuk merangkul konsumen biasa menjadi konsumen yang loyal. Dengan bertambahnya konsumen loyal maka penjualan akan terus naik.

Membawa Produk Ke Pasar yang Tepat

Strategi Public RelationsMendesain produk yang pasar inginkan merupakan tantangan awal yang harus dilalui oleh perusahaan, bukanlah hasil akhir. Ketika sebuah perusahaan meluncurkan produk baru ke pasar maka tanggung jawab divisi marketing untuk membawa produk tersebut ke pasar yang tepat, dan dalam hal ini marketing tidak bisa bergerak sendiri melainkan membutuhkan bantuan dari Strategi Public Relations. Tujuan akhirnya sang produk bertemu dengan pasarnya dan juga di sisi lain dapat menarik perhatian publik.

Bila didukung dengan Strategi Public Relations tepat maka tantangan ini dapat dilalui dengan mudah. Sama halnya seperti yang Imogen PR lakukan kepada Magnum dan BMW. Lihat lebih lanjut bagaimana studi kasus Magnum dan BMW melalui tautan di bawah ini.

Studi kasus Magnum

Studi kasus BMW

More on case study

WordPress Video Lightbox
WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions about how we can support you!
👋 Hi, how can I help?