Skip to main content

Radical Honesty – Imogen PR. 

Moralisme berarti pikiran anda yang mendominasi keberadaan anda.

Mari kita mulai dari awal keberadaan manusia, yaitu rahim. Beberapa bulan setelah pembuahan, kesadaran terbit dan saat itulah manusia mengalami diri sendiri untuk pertama kalinya. Segala sesuatunya tampak abadi dan tak lekang oleh waktu. 

 

Begitu manusia lahir, kita akan belajar bagaimana cara untuk menghadapkan perilaku semua orang di sekitar kita. Seperti yang telah penulis katakan, pikiran mengambil alih dari keberadaan.  Pesan kunci di sini adalah moralisme berarti pikiran anda yang mendominasi keberadaan anda. Mencoba melakukan yang terbaik untuk anak-anak mereka, orang tua akan mengajari anak mengenai moral. Pelajaran ini dipelajari dari masa lalu perilaku masa lalu menjaga mereka mengenai cara berperilaku. 

 

Penulis menceritakan kisah Stephen, anak laki-laki yang membuat kehebohan di dapur karena membuat sebuah resep sambil diam-diam. Ketika orang tua Stephen mengetahuinya, mereka marah dan menghukumnya. Akibatnya Stephen menyalahkan orang tuanya dan mengatakan bahwa dia membenci mereka. 

 

Kami membohongi diri kita sendiri dan itu menyakitkan

Bukan hanya tentang hal-hal kecil, kebanyakan orang dewasa hidup pada saat mereka mengajari diri mereka pada masa remaja. Pada masa remaja adalah saat kita pertama kali bertanya “siapa saya?” dan itu adalah sifat manusia, sayangnya, menginginkan respons tunggal dan pasti. 

 

Pada masa kanak-kanak anda belajar kebohongan bahwa ada aturan moral yang mengatur bahwa ada aturan moral yang mengatur bagaimana anda bertindak. Kemudian ketika remaja, anda berbohong tentang identitas anda dan sebagai orang dewasa, anda menyimpan rahasia dari orang lain yang bahkan mereka yang paling dekat dengan anda. 

 

Berbohong adalah taktik untuk bertahan hidup sekaligus penyakit yang perlahan membunuh kita, tidak ada pengobatan yang menyembuhkannya. Tetapi melalui pengungkapan kebenaran, penyakit ini menjadi dapat dikendalikan. 

 

Terdapat tiga tingkat kejujuran yang radikal. Yang pertama adalah tentang meletakkan fakta di atas meja. Seringkali, orang-orang ditahan oleh rahasia yang mereka simpan dari orang yang dicintai. Terkadang kebohongan baik untuk kesehatan mental dan fisik anda. Tingkat kedua adalah tentang kebenaran emosional. Orang jarang mengakui bagaimana perasaan mereka yang sebenarnya karena mereka khawatir tentang bagaimana perasaan mereka. Tetapi tidak cukup untuk mengakui bahwa anda baik-baik saja, misalnya anda harus jujur tentang bagaimana perasaannya. Tingkat ketiga dari kebenaran adalah dimana anda juga mulai hidup dalam kebenaran. Di sinilah anda dapat mengakui bahwa identitas sejati andatidak sama dengan identitas yang telah anda persembahkan kepada dunia. 

 

Kejujuran radikal berarti mencuri seluruh kebenaran, betapapun tidak nyamannya itu

Konsep sederhana kejujuran radikal hanya berhenti berbohong dan mengatakan kebenaran. Namun, mempraktikannya itu sulit. Pesan kunci di sini adalah kejujuran radikal berarti mencuri seluruh kebenaran, betapapun tidak nyamannya itu. 

 

Psikoterapi adalah salah satu cara untuk mencoba menghilangkan rasa sakit tetapi bahkan dalam sesi ini, penulis merekomendasikan pendekatan yang sama. Untuk mengatasi masalah seperti ini, solusinya adalah jujur. 

 

Memegang kepunyaanmu bukanlah pengorbanan diri yang mulia itu hanya penindasan 

Ketika Anda mengumpulkan kemarahan, Anda pasti mulai membenci teman dan keluarga Anda. Anda percaya bahwa Anda melakukannya dengan baik dengan menyembunyikan perasaan Anda yang sebenarnya, tetapi sebaliknya. Tidak ada yang suka dibohongi atau memiliki perasaan yang disembunyikan dari mereka, jadi menahan amarah hanya akan memperburuk situasi. Jadi, Anda harus mengeluarkannya. Dan itu berarti mengeluarkannya dari penyakit, tanpa berusaha membuatnya tampak masuk akal atau benar secara moral.

 

Telling the truth, kebenaran yang utuh penting untuk setiap hubungan

Jujur dengan pasangan anda merupakan komitmen yang serius dan penulis merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah untuk memastikan anda mengetahui semua yang anda bisa tentang satu sama lain. Duduklah dan ceritakan kisah hidup kepada orang lain. Penulis juga merekomendasikan untuk benar-benar jujur. Jatuh cinta dengan seorang adalah hal yang indah, ajaib, tetapi melibatkan membiarkan identitas anda menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar.

 

Referensi:

Blanton, B. (2005). Radical honesty: How to transform your life by telling the truth (p. 320). Sparrowhawk Press.


Imogen Public Relatios (PR) adalah PR Agency Jakarta yang terkemuka di Indonesia. PR Agency ini satu-satunya PR Consultant Indonesia yang berhasil masuk menjadi bagian dari Public Relations Organization International (PROI), sebuah asosiasi PR agency lokal atau independent seluruh dunia. 

 

Imogen PR sebagai PR Consultant Jakarta menawarkan layanan konsultasi strategis public relations, press conference, press release, media handling, media relations, corporate communications, public affairs, government relations, media monitoring, riset dan audit komunikasi, serta PR training, dan lainnya. 

WeCreativez WhatsApp Support
Head of Imogen is here to answer your questions.
👋 Hi, how can I help?