Skip to main content

Hyper Focus – Imogen PR

Train yourself to enjoy hyper focus more.

Pikirkan kembali saat terakhir Anda mengalami hari yang luar biasa produktif di tempat kerja – saat Anda bermain game, menyelesaikan sesuatu dengan mudah. Hari-hari seperti itu mungkin tidak dating terlalu sering, tetapi jika itu terjadi perlu untuk diperiksa. Bagaimana Anda menyelesaikan dengan begitu cepat?

Sebagian dari jawabannya terletak pada kemampuan Anda untuk focus pada tugas yang Anda kerjakan. Inti pesan dibuku ini adalah: latih diri Anda untuk lebih menikmati hyper focus. Kebanyakan orang pasti pernah mengalami hyper focus dari waktu ke waktu, namun bagaimana Anda bisa memanfaatkannya dan membuatnya menjadi kejadian biasa? Sebagai permulaan, Anda cenderung memberikan perhatian pada satu tugas yang berkelanjutan. Anda tidak melakukan banyak tugas, jadi daripada bekerja dengan panik dan melompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain, Anda perlu memusatkan perhatian Anda pada satu hal, dan menyimpan tugas itu hingga selesai.

Sederhananya, ada empat tahap dalam memasuki dan mempertahankan keadaan hyperfocus. Pertama, pilih satu objek perhatian yang bermakna. Kedua, hilangkan semua kemungkinan gangguan – termasuk gangguan internal, seperti melamun. Kemudian, fokuskan perhatian Anda pada tugas yang telah Anda pilih untuk dikerjakan, dan, akhirnya, secara sadar mengarahkan pikiran Anda setiap kali mengembara.

 

Meta-awareness and intentional focus are key to managing your attention.

Sebagian besar hal yang Anda lakukan dalam hidup memerlukan beberapa bentuk perhatian. Jika Anda ingin melakukan yang terbaik, Anda harus memperhatikan tugas apapun yang ada. Tapi ada masalah: perhatian Anda sangat terbatas. Pertama-tama, ada batasan jumlah hal yang Anda perhatikan pada satu waktu. Jika batasan itu tidak cukup serius, ada batas yang lebih rendah dari apa yang dapat Anda simpan dalam memori jangka pendek Anda. 

Sangat berguna untuk memikirkan perhatian Anda sebagai area kecil dan terbatas yang dapat dengan mudah diisi. Contoh saat Anda sedang rapat, misalnya rekan kerja Anda, sedang melakukan presentasi, dimana Anda seharusnya memperhatikan, tetapi karena Anda memikirkan hal lain, maka secara tidak sadar Anda memberikan ruang perhatian Anda pada setiap pikiran yang lebih menarik minat Anda. Disitulah meta-awareness berperan. 

 

Achieve hyper focus by ridding your environment of distractions.

Interupsi dan gangguan seperti telefon yang berdering merupakan hambatan utama untuk mencapai hyper focus. Sekarang, Anda jelas tidak dapat melindungi dari setiap kemungkinan pengalihan. Pesan utama dari bagian ini adalah: raih hyper focus dengan menghilangkan gangguan dari lingkungan Anda.

Daripada mencoba untuk menahan gangguan sebelumnya, selamatkan diri Anda dari masalah dan singkirkan risiko sebelumnya. Dengan cara cermati lingkungan Anda dan identifikasi apapun yang lebih merangsang dan menarik daripada pekerjaan yang perlu Anda lakukan. Dan jika Anda sedang “tergelincir” oleh pikiran yang tidak relevan, berhentilah sejenak dengan menuliskan semua yang Anda pikirkan. Tindakan meletekan pikiran yang menganggu di atas kertas dapat membantu mengeluarkannya dari kepala Anda – membebaskan ruang perhatian Anda untuk tugas yang ada.

Scatter focus helps you plan and think creatively.

Hyperfocus adalah alat yang ampuh. Kemampuan untuk memberikan perhatian yang berkelanjutan dan intens pada tugas apa pun yang Anda lakukan, memberi Anda keunggulan dalam berbagai situasi. Namun, terlepas dari kegunaannya, hyperfocus saja tidak cukup. Pikiran Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat dan menyegarkan setiap saat – dan yang lebih penting lagi, Anda perlu memberi diri Anda kesempatan untuk berkreasi.

Salah satu perbedaan utama antara scatter focus dan hyper focus adalah waktu; dimana hyper focus membantu Anda untuk mengerjakan tugas di masa sekarang, scatter focus sangat sering membahas masa depan. Untuk memahami scatter focus, ada baiknya membagi menjadi tigas jenis pemikiran tertentu. Yang pertama adalah mode pengambilan, mode ini terdiri dari mencatat apapun yang ada di pikiran Anda. lalu ada mode pemecahan masalah, mode ini melibatkan memegang satu masalah dalam pikiran Anda dan membiarkan pikiran Anda melingkarinya, dan mencari solusi baru. Jenis terakhir adalah mode kebiasaan, mode ini melibatkan sebagian perhatian Anda tetapi masih menyisakan banyak ruang untuk refleksi. 

 

Use scatter focus to connect the dots between seemingly unrelated bits of information.

Jika Anda mencoba untuk tertidur atau fokus pada pernapasan Anda, pikiran acak ini bisa mengganggu. Tetapi jika Anda mencoba berpikir kreatif, mereka terkadang dapat membuktikan anugerah. Rantai pemikiran yang tidak dapat diprediksi ini adalah produk dari jaringan default otak Anda – sistem yang diaktifkan ketika pikiran Anda tidak fokus pada satu hal tertentu. Ketika jaringan default digunakan, sistem saraf yang luas, yang melintasi banyak bagian otak, mulai bekerja bersama-sama. Hasil? Ide yang sangat bagus.

Salah satu alasan scatterfocus dapat menghasilkan ide-ide baru dan terobosan kreatif adalah karena sesuatu yang disebut Efek Zeigarnik. Singkatnya, ini menggambarkan kecenderungan otak untuk memikirkan pekerjaan yang sedang berjalan daripada tugas yang sudah selesai. Ambil Archimedes. Dalam sebuah cerita terkenal, dia masuk ke bak mandi dan melihat permukaan air naik – dan segera menyadari bagaimana mengukur volume benda yang tidak beraturan. Berkat Efek Zeigarnik, masalah itu berdiam di benaknya, tidak terpecahkan – sampai pengamatan baru membantunya memecahkannya. Jadi bagaimana Anda bisa memanfaatkan fenomena ini? Apakah Anda hanya menunggu inspirasi untuk menyerang?

 

Referensi: 

Brown, M. (2020). I Don’t Agree: Why we can’t stop fighting – and how to get great stuff done despite our differences. (n.p.): Harriman House Limited.


Imogen Public Relatios (PR) adalah PR Agency Jakarta yang terkemuka di Indonesia. PR Agency ini satu-satunya PR Consultant Indonesia yang berhasil masuk menjadi bagian dari Public Relations Organization International (PROI), sebuah asosiasi PR agency lokal atau independent seluruh dunia. 

 

Imogen PR sebagai PR Consultant Jakarta menawarkan layanan konsultasi strategis public relations, press conference, press release, media handling, media relations, corporate communications, public affairs, government relations, media monitoring, riset dan audit komunikasi, serta PR training, dan lainnya. 

WeCreativez WhatsApp Support
Head of Imogen is here to answer your questions.
👋 Hi, how can I help?