Skip to main content

How to Think More Effectively – Imogen PR

Luangkan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi ide, nilai dan tujuan

 

Apakah anda sudah memprioritaskan sesuatu dengan baik?

Apakah anda bertanya pada diri sendiri apakah lebih banyak uang akan menjadi benar membuat seseorang bahagia? Atau apakah anda hanya mengejar penghasilan yang lebih besar? Pesan utama di sini adalah luangkan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi ide, nilai dan tujuan anda. Sangat mudah untuk mengatakan bahwa anda akan mulai mengevaluasi tujuan anda secara lebih menyeluruh, tetapi sebenarnya mengikutinya dapat menjadi rumit, hal itulah pentingnya sebuah rencana. 

 

Terima bahwa ide itu berkembang dan memulainya

 

Ketika anda membaca buku, mendengarkan pidato, atau menonton presentasi, mudah untuk membayangkan bahwa orang yang menyusunnya menemukan ide mereka dan kata-kata yang sesuai dengan cara yang lugas, hampir tanpa kesulitan. Ini adalah kiasan semata, sebenarnya otak adalah instrumen yang tepat, dengan arti tidak memiliki kekuatan yang lama selama berjam-jam. Faktanya, salah satu novelis terbaik keabad 20-an berpikir dengan cara yang sama. Inilah pesan kuncinya: terimalah ide itu sebagai pengembangan yang cocok dan mulai. Kita bisa melakukannya dengan belajar darinya. Daripada menyalahkan diri sendiri karena ide-ide kita berjalan dengan cara yang membosankan, kita seharusnya menerima keterbatasan manusia. Keterbatasan tersebut tidak dapat diubah, tetapi mereka dapat bekerja dengannya. Hal penting yang dapat anda lakukan adalah membeli buku catatan dan mencatat ide-ide yang muncul dalam buku tersebut. dengan memasukkan pemikiran anda dalam kertas, anda membuat diri anda sendiri untuk mengunjunginya di tahap selanjutnya dan memberikan ide sementara sebagai pengembangan peluang dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. 

 

Mengalihkan pikiran anda dapat membantu anda menangkap ide-ide yang sulit didapat

 

Seringkali pemikiran anda yang bijaksana adalah hal yang paling sulit dipahami, ibaratnya seperti kupu-kupu yang sulit untuk ditangkap. Menangkap kupu-kupu bukanlah hal yang mudah, tetapi mungkin. Salah satu cara untuk menangkap pikiran yang sulit dipahami adalah dengan memikirkan hal lain. Pesan utama disini adalah: mengalihkan pikiran anda dapat membantu membuang pikiran yang negatif. Itulah mengapa ide-ide berharga seringkali terbukti untuk sulit dipahami.

 

Rasa iri dapat membantu untuk mengethui keinginan sejati 

 

Iri adalah emosi yang kita rasakan dari waktu ke waktu, tetapi tidak satu pun sering kita sukai. Kita seringkali mendengar bahwa iri kepada kesuksesan, bakat dan keberuntungan orang lain adalah salah. Nilai kecemburuan dalam cara itu mengungkapkan ambisi anda yang sebenarnya. Alih-alih menghindari perasaan ini, penting untuk memeriksanya dan memahami apa yang dapat mereka ajarkan kepada anda. Masalah potensial dengan kecemburuan dapat mengaburkan penilaian anda, hal itu meyakinkan anda bahwa anda tidak akan pernah puas dengan apa yang anda miliki saat ini. Bagaimanapun juga, penting untuk melakukan analisis diri. Jika tidak, hal-hal iri akan menjadikan hal buruk bagi anda dan anda tidak akan pernah menemukan hal apa yang dapat mengajari anda tentang keinginan anda. 

 

Memikirkan kematian dan menempatkan kehidupan dalam perspektif

 

Terdengar aneh untuk memikirkan kematian, tetapi memikirkan kematian ternyata memiliki dua efek yang tampaknya berlawanan dengan sikap orang terhadap kehidupan. Yang satu menjaga segala sesuatu tampak sangat berat dan serius. Yang lain membuat segala sesuatu tampak sepele dan tidak penting, bagaimana hal itu dapat terjadi? Pertama, memikirkan kematian membuat segala sesuatu tampak serius karena waktu kita di bumi terbatas. Kita sering menjalani hidup seolah-olah tidak akan berakhir. Tetapi memikirkan tentang kematian menunjukkan sesuatu yang tidak wajar untuk bertindak seperti itu. Kebalikan dari kematian yaitu juga dapat membuat kekhawatiran terdalam kita yang sama sekali tidak penting untuk menjalankannya, seperti contohnya siapa yang peduli jika anda tidak berhasil mendapatkan pekerjaan itu? Memikirkan kematian membuat anda akan merasa bebas atau terkubur, bertekad atau bebas, kemungkinan besar akan mengubah perspektif anda mengenai berbagai hal.

Referensi:


How to Think More Effectively: A Guide to Greater Productivity, Insight and Creativity. (2020). United Kingdom: School of Life Press.


Imogen Public Relatios (PR) adalah PR Agency Jakarta yang terkemuka di Indonesia. PR Agency ini satu-satunya PR Consultant Indonesia yang berhasil masuk menjadi bagian dari Public Relations Organization International (PROI), sebuah asosiasi PR agency lokal atau independent seluruh dunia. 

 

Imogen PR sebagai PR Consultant Jakarta menawarkan layanan konsultasi strategis public relations, press conference, press release, media handling, media relations, corporate communications, public affairs, government relations, media monitoring, riset dan audit komunikasi, serta PR training, dan lainnya. 

WeCreativez WhatsApp Support
Head of Imogen is here to answer your questions.
👋 Hi, how can I help?