Skip to main content

 

Getting More – Imogen PR

Setiap interaksi dalam hidup adalah negosiasi; Anda perlu belajar bagaimana mendapatkan lebih banyak dari mereka.

Apa kesamaan membeli perhiasan kecil di pasa loak dan menjual perusahaan jutaan dolar? Kedua skenario melibatkan negosiasi. Faktanya semua interaksi harian Anda melibatkan beberapa bentuk negosiasi – meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya.

Jadi mari kita periksa empat bentuk negosiasi yang berbeda. Pertama, ada pemaksaan seseorang untuk melakukan sesuatu. Strategi ini jika digunakan membutuhkan kekuatan – yang mahal dan seringkali kontra-produktif. Strategi kedua, membuat seseorang percaya apa yang Anda ingin dia percayai. Ini lebih baik daripada menggunakan kekuatan, namun ketika Anda memiliki ketertarikan emosiaonal dengan orang tersebut, itu agak sulit untuk dicapai. Ketiga, membuat seseorang melihat sesuatu seperti yang Anda ingin dia lihat. Dan akhirnya, harus membujuk seseorang untuk merasakan apa yang Anda ingin dia rasakan.

Untuk bernegosiasi secara efektif, Anda perlu menentukan tujuan Anda. Jika Anda tidak tahu persis apa yang Anda inginkan di awal, Anda akhirnya dapat menegosiasikan solusi jangka pendek yang benar-benar membawa Anda lebih jauh dari tujuan Anda. Yang benar adalah, kita semua menghabiskan setiap hari menginginkan sesuatu. Menyadari bahwa negosiasi yang menentukan bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain dapat membantu Anda mendaptkan apa yang benar-benar Anda inginkan, alih-alih menjalani hidup dengan mengeluh tentang apa yang tidak Anda miliki.

 

Untuk bernegosiasi baik dengan orang-orang, Anda perlu membangun hubungan yang jujur dan saling percaya dengan mereka.

Jadi inti dari negosiasi adalah mencoba membujuk seseorang untuk melihat dan merasakan sesuatu seperti yang Anda inginkan. Untuk melakukan ini dengan sukses, Anda perlu menjalin hubungan dengan mitra negosiasi Anda. 

Sebagai permulaan, Anda perlu menghargai orang tersebut dan melakukan yang terbaik dengan menjukkanya. Anda akan kagus bagaimana tindakan sederhana seperti berterima kasih kepada seseorang atas waktunya dapat mengubah dinamika negosiasi. Kata “tolong” dan “terima kasih” memiliki dampak yang lebih besar, daripada yang Anda pikirkan!

Intinya selalu bersikap baik. Orang-orang yang merasakan hubungan dengan Anda akan jauh lebih terbuka daripada seseorang yang Anda hina!

 

Sadari persepsi pasangan Anda dan tempatkan diri Anda pada posisinya!

Perbedaan dan prefensi setiap orang adalah penting. Mari kita jelajahi bagaimana perbedaan ini dapat memengaruhi negosiasi. Ambil persepsi penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki pandangannya sendiri tentang topik tertentu. Namun kita cenderung berasumsi bahwa kebanyakan orang melihat dunia dengan cara yang sama seperti kita.

Intinya, menjaulah dari asusmsi bahwa persepsi Anda sendiri benar, dan mulailah bertanya dan memahami bagaimana orang lain melihat sesuatu. Ketika Anda menemukan celah antara persepsi Anda dan persepsi mitra negosiasi Anda, Anda harus fokus untuk menutupnya.

 

Buat kemajuan menuju tujuan Anda dengan menggunakan standar orang lain sebagai bagian dari negosiasi.

Sekarang Anda tahu bagaimana berfokus pada mitra negosiasi Anda dan memahami persepsinya dapat membuat Anda lebih dekat untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Tapi bagaimana jika dia tidak mendengarkan?

Dalam kasus seperti itu, cobalah bernegosiasi menggunakan standar pasangan Anda – terutama jika dia melakukan tawar-menawar yang sulit. Dengan menjunjung standar pasangan Anda sebagai contoh perilaku yang benar, posisi negosiasi Anda diperkuat ketika Anda menangkapnya sedang bertindak melawan standar tersebut.

Sangat penting untuk mencapai tujuan Anda sedikit demi sedikit, sehingga orang tersebut dapat dengan mudah mengikuti logika Anda.

 

Referensi: 

Diamond, S. (2010). Getting More: How You Can Negotiate to Succeed in Work and Life. United Kingdom: Penguin Books Limited.


Imogen Public Relatios (PR) adalah PR Agency Jakarta yang terkemuka di Indonesia. PR Agency ini satu-satunya PR Consultant Indonesia yang berhasil masuk menjadi bagian dari Public Relations Organization International (PROI), sebuah asosiasi PR agency lokal atau independent seluruh dunia. 

 

Imogen PR sebagai PR Consultant Jakarta menawarkan layanan konsultasi strategis public relations, press conference, press release, media handling, media relations, corporate communications, public affairs, government relations, media monitoring, riset dan audit komunikasi, serta PR training, dan lainnya. 

WeCreativez WhatsApp Support
Head of Imogen is here to answer your questions.
👋 Hi, how can I help?