Skip to main content

Changing Magic of Tidying Up – Imogen PR

 

The first step to achieving your dream lifestyle is visualizing your dream life in your dream space.

 

Sebelum Anda mulai untuk merapikan, Anda harus terlebih dahulu memiliki visi untuk kehidupan ideal dan ruang hidup Anda. Sebelum membaca lebih lanjut, luangkan waktu sejenak untuk memvisualisasikan seperti apa kehidupan ideal tersebut.

 

Misalnya, ketika salah satu klien penulis, wanita berusia dua puluhan, melakukan latihan ini, dia mengaku bahwa dia menginginkan gaya hidup yang lebih «feminin». Jadi dia memvisualisasikan dirinya saat tiba di rumah ke kamar yang bebas dari kekacauan – rapi serapi dengan suite hotel – dengan seprai merah muda dan lampu antik.

 

Setelah Anda mengetahui apa yang Anda inginkan dalam hidup Anda, Anda berada dalam posisi untuk mulai merapikan dan bergerak lebih dekat ke kehidupan ideal Anda. Di lingkungan tempat Anda dapat mengakses hal-hal yang Anda butuhkan dan sukai secara efisien, itulah sebabnya sangat penting untuk terlebih dahulu memahami apa yang Anda inginkan.

 

Ruang Anda harus diisi dengan hal-hal yang benar-benar Anda sukai. Meskipun mungkin terasa pragmatis, akan lebih baik bagi Anda untuk menghormati barang-barang Anda jika mereka pergi untuk mencerminkan visi Anda. 

 

A tidy home will improve both your body and mind.

 

Tujuan dari merapikan bukan hanya untuk menjaga kebersihan dan keteraturan. Sebaliknya, tujuannya adalah untuk menciptakan ruang yang meningkatkan tubuh dan pikiran Anda.

 

Untuk melakukan ini, Anda harus mengatur ruang hidup Anda di tempat yang terasa paling alami bagi Anda. Ketika Anda memilah-milah barang-barang Anda, misalnya, Anda juga mengevaluasi tujuan dan kegunaannya bagi Anda. Melepaskan sesuatu yang tidak lagi berguna – dan menyambut sesuatu yang baru di tempatnya – dapat menjadi terapi yang sangat mendalam.

 

Di sinilah kekuatan merapikan, sangat mirip dengan meditasi. Efek abadinya datang dari melakukan apa yang terasa benar untuk lingkungan Anda, milik Anda dan, pada akhirnya, kesejahteraan Anda. Dengan membuang dan menata kembali barang-barang Anda.

 

Put your past in order and gain clarity about the future you want.

 

Apakah Anda pernah melewati musim semi tahunan Anda hanya untuk menemukan sesuatu yang berarti? dunia bagi Anda, yang Anda lupakan bahwa Anda masih memilikinya? Merapikan lebih dari sekadar menjaga kebersihan rumah: dalam proses merapikan, Anda dapat menggunakan barang-barang dari masa lalu Anda untuk membantu memandu Anda ke masa depan.

 

Kenang-kenangan dari masa lalu Anda harus membawa Anda kegembiraan ketika Anda melihatnya. Ada baiknya menyimpan kenangan yang menyenangkan atau menarik.

Ketika Anda memulai proses merapikan, mulailah dengan kategori yang paling mudah, misalnya pakaian, buku, dokumen, barang lain-lain, dll., dan akhiri dengan barang-barang sentimental Anda. Foto adalah hal yang paling sulit karena nilai emosional yang dimiliki sangat tinggi.

 

Tapi apa yang kamu lakukan dengan barang-barang sentimental yang tidak lagi kamu inginkan? Terlalu banyak orang melihat ke rumah orang tua mereka sebagai tempat untuk membuang sampah mereka. Tetapi salah jika tidak mempertimbangkan perasaan mereka ketika menyingkirkan pernak-pernik sentimental.

 

Create a comforting and invigorating environment by surrounding yourself with neatly organized things that make you happy

 

Meskipun mungkin terdengar tidak dapat dipercaya, mengubah cara Anda dalam merapikan ruang, memiliki efek yang mendalam, bukan hanya pada kebahagiaan Anda, tetapi juga pada kemampuan Anda untuk mengambil tindakan, merapikan adalah langkah pertama untuk meraih kendali atas hidup.

 

Pertimbangkan baik-baik bagaimana perasaan Anda setiap kali Anda menggunakan atau melihat barang-barang Anda di ruang yang telah Anda tentukan. Lemari pakaian Anda adalah tempat yang baik untuk memulai.Cobalah mengatur pakaian Anda di tempat yang secara visual menarik bagi Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur pakaian Anda berdasarkan kain, kemudian ukuran dan warna.

 

Lebih praktis, merapikan membuat keputusan Anda di sekitar rumah langsung, dan dengan demikian meningkatkan ketegasan Anda. Penyimpanan yang efisien dan intuitif menghilangkan stres karena harus mencari melalui kekacauan untuk hal-hal yang Anda butuhkan. Ini memungkinkan Anda membuat keputusan alih-alih terjebak mencari tanpa daya selama berjam-jam

 

Referensi: 

Kondo, M. (2014). The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing. United States: Clarkson Potter/Ten Speed.


Imogen Public Relatios (PR) adalah PR Agency Jakarta yang terkemuka di Indonesia. PR Agency ini satu-satunya PR Consultant Indonesia yang berhasil masuk menjadi bagian dari Public Relations Organization International (PROI), sebuah asosiasi PR agency lokal atau independent seluruh dunia. 

 

Imogen PR sebagai PR Consultant Jakarta menawarkan layanan konsultasi strategis public relations, press conference, press release, media handling, media relations, corporate communications, public affairs, government relations, media monitoring, riset dan audit komunikasi, serta PR training, dan lainnya. 

WeCreativez WhatsApp Support
Head of Imogen is here to answer your questions.
👋 Hi, how can I help?