Skip to main content

Can We Talk – Imogen PR

Confidence is the key to productive communication.

Tidak ada handbook (pegangan) untuk percakapan selama di kantor. Namun jika Anda memahami 7 prinsip komunikasi efektif di tempat yang kerja, percakapan yang sulit akan menjadi lebih mudah. Prinsip pertama ada percaya diri. Untuk memulainya, Anda membutuhkan kepercayaan diri untuk memulai inisiatif percakapan. Tanpa kepercayaan diri, Anda dapat mengabaikan naluri Anda dan menggagalkan hubungan kerja dalam prosesnya. 

 

Singkatnya, kepercayaan diri adalah kunci untuk memulai percakapan, membiarkan naluri terbaik Anda mendikte dialog Anda, dan mendorong orang lain untuk menanggapi permintaan Anda dengan tepat. Jadi, haruskah orang yang kurang percaya diri menyerah pada percakapan yang sulit sekarang?

 

Sama sekali tidak. Seseorang yang kurang percaya diri bisa dilatih dengan cara memikirkan sesuatu yang positif ““What we think, we become.” Jadi, pikirkan bahwa Anda adalah seseorang yang percaya diri dan pasti bisa melalui semua masalah nantinya. Mulailah hari dengan afirmasi positif setiap harinya. 

 

Setelah Anda berpikir dengan percaya diri, tantang diri Anda untuk memulai dialog yang sulit – tetapi, jika memungkinkan, cobalah dan mulai dari yang kecil. Atasi masalah yang paling tidak menakutkan dalam daftar tugas Anda, lalu selesaikan masalah yang lebih besar.

 

Make clarity a priority.

 

Ketika Anda berada disuatu percakapan yang belum tau keinginan apa yang akan dicapai. Prinsip kedua dari tujuh prinsip lah yang harus Anda lakukan. Dalam diskusi tempat kerja yang sulit, kejelasan adalah prioritas nomor satu Anda. Sebelum Anda memulai percakapan, cari tahu apa yang Anda inginkan lawan bicara. Jika mereka mencoba mengalihkan fokus, kembalilah ke tujuan Anda dan tetap berpegang pada fakta

 

Compassion has a place in professional communication

 

Sangat penting untuk memperjelas apa yang Anda inginkan dari sebuah percakapan Tapi ada satu prinsip komunikasi yang mengalahkan kejelasan – dan itu adalah kasih sayang yaitu prinsip ketiga dalam prinsip komunikasi. 

 

Mengapa belas kasihan begitu penting?

 

Karena mendemonstrasikan empati dan kasih sayang kepada orang lain membantu membangun niat baik dan hubungan baik – dua hal yang sangat membantu memperlancar interaksi di tempat kerja yang berpotensi sulit.

 

Beberapa orang sulit menampilkan belas kasihannya ke lawan bicara. Jangan khawatir! Semakin dalam hubungan Anda dengan seseorang, semakin mudah untuk menunjukkan belas kasih kepada mereka. Jadi akrab lah dengan sesama rekan dan coba temukan minat yang kalian suka. Luangkan waktu untuk mengenal mereka sebagai individu. Tapi ingat, Anda tidak bisa membangun hubungan secara instan.

 

Curiosity is a virtue.

 

Mengajukan banyak pertanyaan tidak hanya membantu Anda lebih memahami masalah yang sedang Anda diskusikan, tetapi juga memberi sinyal kepada orang lain bahwa Anda menyambut masukan mereka dan menghargai pendapat mereka. 

 

Saat Anda merasakan seseorang mencoba menutup topik percakapan, coba ajukan pertanyaan terbuka. Usahakan jangan memberikan pertanyaan dengan jawaban Ya/ Tidak saja. Minta lawan bicara Anda menjelaskan jawabannya. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat menghidupkan kembali dialog dan memungkinkan Anda mengarahkan percakapan kembali ke tempat yang Anda inginkan.

 

You can win through compromise.

 

Percakapan bukanlah sesuatu kompetisi yang mengharuskan Anda menang dan lawan bicara Anda kalah. Saat Anda bertemu satu sama lain di tengah jalan, semua orang dapat meninggalkan percakapan dengan perasaan seolah-olah mereka telah menang. Yang membawa kita ke prinsip kelima kita, kompromi

 

Berikut ini cara melakukan diskusi yang saling menguntungkan:

Tetap hormat dan sopan terhadap lawan bicara. Tidak peduli seberapa sederhana atau rumit percakapan itu, Anda akan menggagalkannya saat Anda tidak menghormati orang lain.

 

Di tengah negosiasi, mudah untuk melupakan tujuan Anda dan fokus pada upaya memaksa orang lain untuk setuju dengan Anda dalam setiap poin. Ingat, Anda tidak perlu setuju satu sama lain dalam segala hal untuk mencapai hasil yang memuaskan

 

Diskusi-diskusi yang sulit dan negosiasi yang rumit menyita banyak perhatian dari semua orang yang terlibat. Bahkan jika orang lain mengatakan hal-hal yang tidak ingin Anda dengar, jelaskan bahwa Anda menghargai keterlibatan mereka. Terima kasih atas tanggapan dan pendapat mereka.

 

Jangan menyela saat mereka berbicara. Hindari bahasa yang menuduh

 

Build credibility to win better communication outcomes

 

Kredibilitas. Kredibilitas adalah kualitas yang Anda kembangkan. Lakukan cara ini: 

 

Pastikan Anda tahu apa yang Anda bicarakan. Pelajari tentang bidang yang Anda geluti dan ingat, perkembangan di area Anda akan terus berkembang. Tetap berada di tren saat ini. Prinsip yang sama berlaku untuk rapat dan presentasi. Jika Anda menawarkan klien, pastikan Anda telah meneliti model bisnis mereka secara menyeluruh.

 

Selanjutnya, adalah konsistensi. Melakukan presentasi atau memukau klien tidak akan memenangkan poin kredibilitas Anda. Tapi biasakan melakukan pekerjaan Anda dengan standar yang tinggi. Jadi, akan secara konsisten memprioritaskan kesuksesan tim Anda di atas kesuksesan Anda sendiri, segera menanggapi permintaan dan pertanyaan, dan menyelesaikan proyek tepat waktu. Ketika orang tahu bahwa mereka dapat mengandalkan Anda, saat itulah mereka melihat Anda sebagai orang yang kredibel.

 

Terakhir, akui kesalahan Anda. Anda bisa berpengetahuan, terampil, dan berkinerja tinggi secara konsisten dan masih membuat kesalahan. Tidak apa-apa! Tetapi saat Anda mengalihkan kesalahan atas kegagalan Anda ke seseorang atau sesuatu yang lain, semua kredibilitas yang telah Anda bangun begitu lama lenyap. 

 

Develop the courage to initiate tough conversations – it’s worth your while.

 

Terkadang percakapan di tempat kerja tidak menyenangkan. Anda dapat mengklarifikasi tujuan Anda sebelumnya, menanyakan semua pertanyaan yang tepat kepada orang lain, berkompromi dengan baik, dan mencapai hasil yang saling memuaskan. Ketika Anda diharuskan memulai percakapan sensitif yang bisa bisa saja lawan bicara Anda terluka. Maka dari itu, prinsip ke 7 dari prinsip komunikasi digunakan yaitu Keberanian

 

Ketakutan akan ketidaknyamanan sering kali menghalangi kita untuk memulai diskusi yang sulit padahal diperlukan. Tidak membicarakan masalah tidak akan membuatnya hilang. Selama masalah berlanjut, begitu juga perasaan tidak nyaman dan tidak puas kita. 

 

Masih ragu apakah akan memulai percakapan yang sangat sulit? Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: Jika saya tidak melakukan sesuatu tentang ini sekarang, apakah saya akan menyesalinya nanti? Apa yang menghentikan saya untuk memulai diskusi ini? Katakanlah Anda siap untuk memulai dialog yang sulit, tetapi Anda masih merasa gugup. Tidak apa-apa. Beberapa orang dilahirkan dengan keberanian. Sisanya bisa kita praktikkan. 

Referensi:

Matuson, R. C. (2021). Can We Talk? Seven Principles for Managing Difficult Conversations at Work. United Kingdom: Kogan Page.


Imogen Public Relatios (PR) adalah PR Agency Jakarta yang terkemuka di Indonesia. PR Agency ini satu-satunya PR Consultant Indonesia yang berhasil masuk menjadi bagian dari Public Relations Organization International (PROI), sebuah asosiasi PR agency lokal atau independent seluruh dunia. 

 

Imogen PR sebagai PR Consultant Jakarta menawarkan layanan konsultasi strategis public relations, press conference, press release, media handling, media relations, corporate communications, public affairs, government relations, media monitoring, riset dan audit komunikasi, serta PR training, dan lainnya. 

WeCreativez WhatsApp Support
Head of Imogen is here to answer your questions.
👋 Hi, how can I help?