Public Relations In Marketing is Critical, 4 Fakta Ini Akan Menggugah Pikiran Anda

Public Relations in Marketing – Imogen PR. Keberadaan PR dalam sebuah kegiatan marketing kadang masih belum dipandang sebagai sesuatu kebutuhan yang absolut. Padahal nyatanya PR dan marketing dapat menciptakan sebuah keharmonisan yang tepat untuk menjaga keberlangsungan dari bisnis. Ada banyak alasan bagi perusahaan ataupun entrepreneur melewatkan PR dalam bagian marketing mereka.

Pertama adalah masalah biaya dimana peran sebuah PR dalam marketing dianggap hanya menghabiskan biaya tanpa membuat pemasukan signifikan, ditambah lagi tidak ada garansi yang ditawarkan dari kegiatan PR. Padahal, nyatanya ada banyak peluang dan juga business growth yang dilewatkan oleh brand hanya karena tidak memanfaatkan secara maksimal peran Public Relations in Marketing

Baca juga: PR Sharing 101; PR Itu Suka Mengarang

Secara fungsi dan definisinya, PR merupakan sebuah strategi dalam mengomunikasikan sebuah brand atau perusahaan kepada publik yang mana membawa keuntungan baik dari sisi bisnis atau organisasi ataupun publik itu sendiri. Apalagi di era digital di mana informasi bisa menyebar dengan luas, dan dapat diakses langsung dari ponsel pintar.

Public Relations in Marketing

Salah satu bukti konkret pentingnya PR, terutama di era digital seperti saat ini, adalah banyaknya potensi yang datang melalui informasi yang berseliweran di mesin pencarian. Ada banyak calon konsumen potensial datang hanya karena melihat informasi dan cerita tentang sebuah bisnis yang tersebar di media online maupun dari topik-topik yang dikeluarkan para social media influencer. Ketika bisnis yang memiliki peran Public Relations in Marketing yang kuat, maka mereka akan dengan mudah mendapatkan leads baru.

Sedangkan bisnis yang tak pernah terdengar dan tidak pernah berkomunikasi melalui cerita ke publik tidak dapat ditemukan di manapun.

Untuk menegaskan bagaimana pentingnya Public Relations in Marketing bagi sebuah perusahaan, organisasi, ataupun lembaga maka berikut ini adalah 4 fakta yang akan membuka pikiran Anda mulai dari sekarang.

1. Public Relations in Marketing Membangun Kepercayaan Sosial

Public Relations in MarketingDengan intensitas komunikasi yang tinggi terhadap publik maka sebuah bisnis dapat membangun kepercayaan sosial terhadap stakeholders dan juga konsumen yang potensial. Kemungkinan untuk meningkatkan penjualan pun tinggi karena bisnis telah mampu memenangkan kepercayaan dari publik melalui cerita dan pesan yang disampaikan. Apalagi di era dengan kompetisi yang tinggi seperti saat ini, kadang publik tidak peduli dengan apa brand atau bisnis katakan tentang dirinya sendiri. Mereka lebih percaya dengan apa yang orang lain katakan.

Publik pun lebih cenderung mengasosiasikan brand atau bisnis dengan sumber informasi yang mereka dapatkan, dan disanalah bias sosial terjadi sehingga penting untuk sebuah brand atau bisnis memiliki Public Relations in Marketing untuk menempatkan brand di tempat yang tepat dengan audience yang tepat.

2. Ranking Google

Public Relations in MarketingMemiliki PR yang bekerjasama dalam sisi marketing adalah ranking google yang baik terhadap bisnis. Konkretnya adalah Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang Imogen PR hanya dengan mengetik beberapa kata yang berhubungan dengan PR, dan kebanyakan berada di halaman terdepan. Ini merupakan peran besar yang dihadirkan oleh PR untuk brand. Sekarang bayangkan bila Anda merupakan konsumen terhadap bisnis Anda dan tengah mencari mana produk atau jasa yang terbaik di Indonesia.

Dan dari sana nama Anda muncul sehingga kemungkinan besarnya adalah Anda akan langsung membeli atau menjalin kerjasama dengan brand Anda untuk memenuhi kebutuhan. Terutama bila Anda memiliki kredibilitas melalui media daring ataupun influencer yang meneguhkan brand Anda.

Hanya karena Anda memiliki kredibilitas baik dan produk yang baik bukan berarti Anda bisa dengan mudah ditemukan oleh konsumen potensial, Anda membutuhkan Public Relations in Marketing.

3. Omnipresence Untuk Brand

Public Relations in MarketingDari poin di atas sudah cukup dijabarkan betapa pentingnya ranking google untuk keberlangsungan sebuah brand atau perusahaan. Keuntungan ini dapat dilipat gandakan dengan cara eksis di berbagai kanal social media dan juga kanal digital lainnya. Seorang Gary Vee tidak akan menempatkan brand-nya hanya di satu kanal, sebaliknya ia akan menempatkan di banyak kanal. Mulai dari kanal media sosial, google, sampai media daring baik nasional ataupun lokal. Dengan membuat calon konsumen potensial dapat menemukan informasi tentang brand atau perusahaan di manapun mereka mau, itu akan meningkatkan kemungkinan mereka akan memilih brand atau bisnis Anda.

4. Meningkatkan Komunikasi

Memasuki tahun 2021 di mana kegiatan digital semakin meningkat, komunikasi atau obrolan di ruang digital menjadi sesuatu yang signifikan. Hal ini sering kali disebut dengan kata buzz atau buzzing, saking pentingnya peran komunikasi dan obrolan di ruang digital pemerintah kerap kali menggelontorkan dana puluhan miliar untuk para buzzer yang berkicau di ruang publik demi mempromosikan atau mensosialisasikan sebuah kebijakan.

Komunikasi atau obrolan di ruang publik menciptakan sebuah komunikasi dua arah yang ideal antara bisnis atau brand terhadap para konsumennya. Selain dapat meningkatkan kesadaran akan sebuah brand, kegiatan komunikasi seperti ini akan dapat membangun sebuah opini tentang sebuah brand atau perusahaan dan hanya bisa dibangun dengan peran Public Relations in Marketing.

Baca juga: Clubhouse IsThe Newcomer 2021, What Makes Unique?

1 Comment

Post A Comment

WordPress Video Lightbox
WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions about how we can support you!
👋 Hi, how can I help?