Public Relations Agency

Public Relations Agency sebagai Karir Awal; 4 Keuntungan Bekerja di Public Relations Agency

Public Relations Agency – Imogen PR. Salah satu pertanyaan besar ketika lulus kuliah adalah ‘habis ini akan bekerja di mana?’. Atau lebih tepatnya bagi yang lulus sebagai sarjana ilmu komunikasi atau ilmu sosial, pertanyaannya jadi haruskah memulai dari di client side atau di agency side atau yang sekarang populer disebut dengan ahensi. Bicara soal pilihan pasti kembali lagi ke pribadi masing-masing. Bekerja di Public Relations Agency atau pun di perusahaan menawarkan kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Tapi Imogen PR akan membantu mengungkapkan keuntungan bekerja di ranah ahensi.

Public Relations Agency

Jadi bagi para fresh grads yang sedang bingung,  ada baiknya kita bahas dulu nih apa bedanya bekerja di perusahaan dan di Public Relations Agency. Berikut ini beberapa perbedaan antara keduanya.

Baca juga: Public Relations Jakarta Pastikan 4 Tips Penting Hadapi Tantangan Era Pandemi

  • Bekerja di perusahaan atau client side itu berarti kamu memiliki tanggung jawab hanya satu yaitu kepada satu perusahaan, kamu harus bisa memberikan performa maksimal untuk membantu perusahaan mencapai apa yang sudah ditargetkan. Di posisi ini kamu kemungkinan akan bekerjasama dengan vendor sebagai perwakilan dari perusahaan tersebut.
  • Saat kamu bekerja di Public Relations Agency, kamu akan menjadi seorang konsultan PR yang bertanggung jawab untuk menghandle beberapa klien sesuai dengan minat. Berbeda dengan perusahaan, di agency pekerjaan kamu spesifik. Sedangkan bila di perusahaan kamu bisa menjalankan dua tugas sekaligus yaitu sebagai konsultan dan juga media relations. Di agency kamu bisa memilih antara dua peran tersebut

Nah, setelah tahu perbedaan antara bekerja di perusahaan dan di Public Relations Agency. Sekarang waktunya kita bahas apa sih enaknya bekerja di Public Relations Agency yang dibagi menjadi 4 poin utama sebagai berikut.

Di Public Relations Agency, Kamu Akan Jadi Konsultan Sesungguhnya Dari Hari Pertama

Public Relations AgencyJika di perusahaan kamu harus mencapai tahap-tahap tertentu agar bisa mendapatkan akses penuh dalam menjalani peran sebagai konsultan, di Public Relations Agency kamu akan jadi konsultan sesungguhnya dari hari pertama. Kamu akan diberikan akses penuh ke klien, dan langsung menjadi men of the show. Atau bila digambarkan dengan bahasa di kultur Imogen PR, kamu bukannya diajarin renang lagi tapi sudah diceburin. Jadi mau gak mau kamu haru berenang, nanti kalau kelelep baru kamu ditolongin.

Terdengarnya seperti menakutkan ya? Tapi nyatanya dalam praktiknya ini merupakan kesempatan emas untuk kamu bisa mengembangkan diri menjadi konsultan PR yang handal. Selain itu mental kamu pun akan diasah sehingga tajam dalam membuat rencana, membangun relasi, dan melakukan eksekusi yang tepat. Buat kamu yang senang akan tantangan dan ingin mengakselerasi kemampuan. Maka Public Relations Agency ini pas banget.

Baca juga: Etika Dan Moral Profesional, 2 Hal Yang Harus Dimiliki PR

Kesempatan Untuk Menunjukan Kreativitas Secara Fair Terbuka Lebar

Di Public Relations Agency itu semua ide dan pendapat dihargai, bahkan bila datang dari seorang fresh grads sekalipun. Jadi kamu bisa mengungkapkan ide dan pendapat dengan bebas, jika ide dan pendapatmu memang bagus pasti akan dipakai. Namun sebaliknya jika dianggap belum tepat maka tidak akan digunakan. Tapi poinnya adalah kamu didengar tanpa pandang senior atau junior. Selain itu kamu juga bisa sharing dan tukar pikiran dengan konsultan yang memiliki jam terbang tinggi. Mereka akan dengan senang hati membagikan pengalaman mereka.

Sharing seperti inilah nantinya yang akan membantu kamu dalam mengembangkan skill. Namun satu hal yang harus kamu tetap perhitungkan adalah nilai respect harus tetap dikedepankan. Berkomunikasi dengan baik dalam menyampaikan ide dan pendapat maka kamu akan dihargai.

Belajar Tentang Kerjasama Tim yang Sesungguhnya

Public Relations AgencyPublic Relations Agency akan mengajarkan kamu tentang bagaimana kerja tim yang sesungguhnya karena antara satu sama lain memiliki perannya masing-masing, sehingga dalam menangani klien alur kerjasamanya solid. Tidak ada peran yang saling tumpang tindih, dan tidak ada orang yang mengemban lebih dari satu peran dalam satu klien. Kebayangkan bagaimana kompleksnya kerjasama yang terjadi? Tapi kamu juga akan dibuat terkagum-kagum oleh bagaimana rapinya kerjasama yang terjadi di Public Relations Agency. Dari situ kamu bisa belajar cara kerjasama dan koordinasi yang baik.

Selain itu kamu juga akan belajar bagaimana menjadi seorang konsultan yang cekatan dan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik.

Dijamin Kamu Tidak Akan Pernah Bosan

Poin penting terakhir ketika memutuskan untuk bekerja di Public Relations Agency adalah kamu tidak akan pernah merasa bosan lantaran kamu mengerjakan hal yang berbeda-beda setiap harinya. Selain itu kamu juga akan bertemu dengan orang-orang baru baik itu klien, media, atau para vendor yang juga membantu dalam mengerjakan proyek tersebut. Lama kelamaan selain pengalaman, relasi kamu pun akan terbangun dari hari ke hari.

Bonus lainnya adalah kamu bisa memakai pakaian sesuka hati kamu, tidak ada peraturan khusus harus mengenakan seragam ataupun gaya tertentu. Jadi anggap saya setiap hari seperti sebuah kesempatan untuk kamu mengekspresikan diri melalui fashion. Enak kan?

Baca juga: Kode Etik Profesi PR Dibutuhkan Indonesia Jelang Tahun Politik 2018 – 2019

WordPress Video Lightbox
WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions about how we can support you!
👋 Hi, how can I help?