Praktisi Public Relations

Praktisi Public Relations Jadi Jalan Ninja Millennial Membangun Karir, Ini 4 Bukti Kalau Bekerja di PR Itu Career Booster

Praktisi Public Relations – Imogen PR. Ada perubahan pola pikir yang cukup signifikan pada generasi milenial ke bawah, jika generasi terdahulunya memiliki pola pikir bahwa pekerjaan hanya sekadar syarat untuk mendapatkan penghasilan yang cukup untuk meningkatkan taraf hidup. Generasi saat ini menganggap bahwa pekerjaan bagian dari jati diri mereka, selain tentunya media mereka untuk mendapatkan penghasilan. Maka dari itu generasi milenial ke bawah memiliki tendensi untuk pilih-pilih profesi dan juga pekerjaan agar sesuai dengan minat dan gaya hidup yang diinginkan.

Praktisi Public Relations

Dari sekian banyak profesi yang tersedia di dunia pekerjaan, Praktisi Public Relations ternyata menjadi salah satu profesi idaman para generasi milenial. Salah satu buktinya adalah mereka yang melamar ke profesi tersebut datang dari berbagai jurusan, tidak melulu hanya dari jurusan komunikasi saja. Fenomena ini didukung oleh profesi Praktisi Public Relations yang semakin penting dan relevan di berbagai industri sehingga kesempatan untuk mendalaminya pun terbuka lebar.

Baca juga: PR Agency Indonesia Harus Go Global Untuk Kejar Industri 4.0

Ditambah lagi profesi Praktisi Public Relations dikenal sebagai profesi kreatif yang dinamis sehingga orang-orang yang menggelutinya pun cenderung fleksibel dan tidak monoton. Ini menjadi daya tarik sendiri untuk para milenial, bagi mereka terlalu banyak peraturan justru membuat kerja menjadi tidak nyaman. Apalagi PR agency sekarang semakin berlomba menawarkan lingkungan kerja nyaman bagi para insan-insan muda yang kreatif.

Tapi selain faktor tersebut ada lagi 4 poin utama yang menjadi alasan mengapa bekerja sebagai Praktisi Public Relations itu keren sehingga membuat profesi ini jadi idaman. Berikut ini penjabarannya.

Praktisi Public Relations

1. Profesi Praktisi Public Relations Menawarkan Skill Set Berharga

Salah satu hal keren ketika seseorang bekerja sebagai Praktisi Public Relations adalah kesempatan untuk mereka belajar dan menguasai skill set lain yang dapat menunjang nilai jual mereka sebagai seorang praktisi. Apa saja skill set tersebut, berikut beberapa daftarnya:

 

  • Storyteller. Ketika bekerja di bidang public relations, seseorang akan dituntut untuk menguasai kemampuan story teller atau pencerita. Saat ini kemampuan storyteller menjadi salah satu yang penting untuk dikuasai, dan tidak semua profesi memberikan kesempatan untuk mempelajarinya.
  • Creative writing. Meskipun tidak bekerja sebagai penulis, tapi ketika bekerja sebagai Praktisi Public Relations maka kemampuan menulis kreatif merupakan skill set yang harus dikuasai. Tidak jarang para senior public relations akan mengajarkan skill set ini. Kapan lagi diajari oleh seorang profesional?
  • Presentation skill. Ingatlah, meski secara sekilas kemampuan presentasi itu remeh temeh tapi ternyata ini sulit. Untuk menguasai kemampuan ini seseorang harus memiliki jam terbang tinggi dan juga latihan serta panduan yang cukup.

Dengan menguasai banyak skill set tentu akan membuat seseorang tidak hanya keren tapi unik dan tidak mudah digantikan. Makanya untuk mencetak diri sebagai orang yang tidak mudah digantikan banyak millennial yang memutuskan untuk menjadi seorang Praktisi Public Relations.

Praktisi Public Relations

2. Jaringan Tak Terbatas Menanti

Dalam membangun karir yang kuat dibutuhkan jaringan yang luas, dan untuk membangun jaringan yang luas banyak milenial yang kemudian menggeluti Praktisi Public Relations karena profesi ini membuka pintu relasi ke berbagai pihak. Apalagi bila bekerja di sebuah agency PR dengan klien brand besar seperti Imogen PR, ada banyak kesempatan untuk menjalin relasi dengan orang-orang penting berasal dari berbagai industri. Sekali lagi, hal tersebut tidak hanya keren tapi juga sangat berharga untuk membangun karir.

Apalagi menjalin relasi dengan banyak pihak dapat dilakukan dengan cepat, mungkin dalam waktu satu sampai dua tahun jaringan luas sudah bisa terjadi. Maka dari itu bekerja sebagai Praktisi Public Relations banyak dijadikan jalan ninja untuk membangun jaringan yang tak terbatas.

Baca juga: Media Visit, Dan 3 Aktivitas PR Lain Yang Akan Memudahkan Tugas Praktisi PR

3. Membuka Mata Terhadap Banyak Industri

Ingin mempelajari banyak industri dalam satu atau dua kali dayung? Menjadi seorang Praktisi Public Relations jawabannya. Profesi ini merupakan kunci untuk membuka pintu kesempatan mempelajari berbagai macam industri, ini penting karena dengan menguasai banyak industri maka seseorang bisa memiliki kemampuan membangun strategi dan problem solving yang kuat. Tidak peduli nantinya akan bekerja di mana dan dengan siapa, seseorang yang menguasai kemampuan ini akan sangat cepat menyesuaikan diri dan mencapai keberhasilan.

Tentu saja hal ini harus diiringi dengan keinginan untuk belajar dan etos kerja yang tinggi, bila tidak tentu saja tidak ada jaminan bahwa seseorang bisa menguasai berbagai macam industri walau telah lama bekerja sebagai Praktisi Public Relations. Tetap semua tergantung pada pribadi masing-masing, lingkungan pekerjaan hanya bersifat sebagai media.

Praktisi Public Relations

4. Melatih Kemampuan Analisa Tren yang Tajam

Bekerja sebagai seorang Praktisi Public Relations itu artinya kamu akan mengetahui hal-hal yang baru. Baik itu tren, teknologi, dan juga pergerakan politik. Ini merupakan suplemen yang dapat melatih kemampuan analisa tren dan apa saja yang akan terjadi di masa mendatang. Kalau ditanya apakah hal ini penting atau tidak, tentu jawabannya adalah IYA. Dengan menguasai kemampuan untuk analisa tren tajam maka seseorang akan dapat membangun strategi komunikasi dan bisnis yang tepat. Dua hal ini merupakan kebutuhan utama setiap perusahaan, tidak peduli apa industrinya.

Bayangkan jika kamu orang yang memiliki kemampuan membangun strategi komunikasi dan bisnis maka ada ratusan head hunter yang menginginkan kamu bergabung dengan perusahaan mereka. Baik itu perusahaan nasional maupun multinasional, pada akhirnya kamu akan berada di posisi di mana kamu sulit memilih perusahaan mana yang paling pas. Enak, kan? Makanya bekerjalah sebagai seorang Praktisi Public Relations yang memiliki dedikasi tinggi.

Good luck! Tepuk Salut buat kalian ! 

Baca juga: Media Relations Amatir Dalam Sekejap Jadi Profesional Berkat 5 Tips Sederhana Ini

WordPress Video Lightbox
WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions about how we can support you!
👋 Hi, how can I help?