PR Consultant

PR Consultant Perlu Tahu 5 Tipe Anak Muda Ini Agar Dapat Buat Konten Bagus

PR Consultant – Imogen PR. Dalam dunia PR dan juga marketing, mendefinisikan target audience secara detail dan terstruktur merupakan suatu keharusan kalau ingin membuat strategi komunikasi yang efektif. Apalagi kalau target audience-nya anak muda yang mana dinamis dan juga memiliki variasi karakter luas. Bila seorang ​​PR Consultant paham dan membangun rencana konten komunikasi berdasarkan karakter anak muda sesuai dengan target maka dapat dipastikan konten tersebut akan menimbulkan engagement besar dan juga percakapan di media konvensional dan media sosial.

Baca juga: Public Relations Agency Jakarta Punya 5 Cara Ampuh Katrol Efektivitas Remote Team

Mengingat betapa pentingnya mempelajari karakter target audience dalam membuat konten yang bagus, maka dari itu baik ​​PR Consultant ataupun brand harus memahami betul tiap-tiap karakter anak muda saat ini. Tenang, untuk memahami hal ini kita tidak perlu turun ke jalan atau mengadakan sensus anak muda. IDN Research Institute beberapa waktu lalu telah mengeluarkan laporan tentang demografi dan karakter anak mudah di Indonesia. Dan dari sana, Imogen PR mengambil 5 tipe-tipe anak muda Indonesia yang perlu diketahui oleh ​​PR Consultant agar dapat membuat konten bagus. Berikut ini adalah daftarnya.

1. The Adventurer

PR ConsultantIni merupakan tipe anak muda yang energik, supel, dan juga senang menemukan hal-hal baru dalam hidup. Mereka-mereka ini merupakan anak muda dengan ide-ide dan energi positif yang memancar dimanapun mereka berada. Anak muda tipe ini juga dikenal vokal terhadap opini pribadi dan hanya melakukan sesuatu ketika mereka ingin dan siap. Anak muda tipe adventurer selalu menjalani hidup sesuai dengan apa yang membuat mereka nyaman, dan cenderung tidak mempedulikan omongan orang. ​​PR Consultant dapat menyamakan tipe anak muda ini dengan peribahasa, ‘anjing menggonggong, kafilah berlalu.”

Maka dari itu anak muda tipe adventurer sangat fokus terhadap tujuan hidup mereka dan cenderung tidak mempedulikan pendapat orang lain tentang mereka. Salah satu nilai positif dari anak muda tipe ini adalah mereka ini orang-orang yang perhatian terhadap orang lain sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan baik kepada setiap orang.

2. The Visionary

PR ConsultantAnak muda yang selalu memandang ke depan, inilah kalimat tepat untuk menjelaskan tipe anak muda ini di mata ​​PR Consultant. Mereka-mereka ini kelompok anak muda yang menginspirasi, karismatik, dan ekspresif. Bila menginginkan sesuatu mereka akan mengejarnya sampai mati, maka dari itu anak muda tipe ini terkesan ambisius dalam karir dan kehidupan pribadinya. Dalam hal konsumsi, anak muda tipe visionary hanya akan membeli barang yang memiliki informasi detail dan fungsinya memudahkan kehidupan sehari-hari mereka. Kalau dalam urusan politik dan nilai kehidupan, mereka ini memiliki tenggang rasa besar terhadap pandangan politik dan nilai kehidupan orang lain. Tapi di sisi lain mereka memiliki pandangan sendiri yang kuat, namun berhati-hati dalam mengekspresikannya.

Nilai positif dari jenis anak muda ini adalah pandangan mereka bahwa tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan, di dalam lingkungan pekerjaan dan keluarga mereka-mereka inilah kaum inisiator. Dalam peribahasa digambarkan sebagai, ‘tidak ada rotan, akar pun jadi.’

Baca juga: Media Relations Consultant Dalam Branding Bisnis; 4 Nilai Tambah Yang Tidak Bisa Dianggap Enteng

3. The Artist, Salah Satu Anak Muda yang Harus Diketahui ​​PR Consultant

PR ConsultantKita memasuki ke tipe anak muda yang rasanya paling penting diketahui oleh ​​PR Consultant, mengapa? Bisa jadi ​​PR Consultant akan bekerjasama dengan mereka dalam melaksanakan strategi komunikasi. Selayaknya seorang artis, anak muda tipe ini memiliki ide segudang dan orientasi estetik mereka sangat kuat. Ini mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dari bagaimana mereka mengekspresikan diri dan menggunakan media sosial. Anak muda tipe the artist merupakan pengguna media sosial yang aktif dan tidak jarang kemudian menjadi seorang influencer.

Anak muda tipe ini memiliki sifat yang sulit ditebak dan cenderung spontan. Cara kerja mereka pun kerap kali tak terstruktur, oleh karena itu bila bekerja di lingkungan yang membutuhkan semua hal terorganisir dan terstruktur maka mereka akan kesulitan. Peribahasa yang tepat untuk anak muda tipe ini adalah, ‘diam-diam menghanyutkan.’

4. The Leader

PR ConsultantKarismatik dan selalu berorientasi kepada tujuan merupakan kata yang paling tepat untuk menjelaskan anak muda tipe the leader. Mereka ini memiliki jiwa pemimpin tinggi dan memiliki kemampuan untuk melihat segala sesuatunya dengan gambaran lebih besar. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka sangat menjunjung tinggi nilai kejujuran, dedikasi, dan juga harga diri. Peribahasa tepat untuk anak muda tipe ini adalah, ‘berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.’

Dalam hal konsumsi, anak muda ini cenderung mengkonsumsi barang dengan nilai kesehatan, fungsi, dan juga memiliki nilai emosional.

5. The Socializer

Para ​​PR Consultant harap memperhatikan anak muda tipe ini, sebab layaknya anak muda tipe the artist, besar kemungkinan kalau ​​PR Consultant akan bekerjasama dengan mereka. Di kehidupan sehari-hari, anak muda tipe socializer dikenal sebagai pribadi super supel, menyenangkan, dan seorang conversation starter. Bedanya dengan tipe the artist, tipe ini cenderung senang mendedikasikan waktu dan energinya bersama orang lain. Maka dari itu mereka-mereka ini yang kerap nongkrong di coffee shop sampai malam, mengadakan social gathering, atau menginisiasi gerakan di akar rumput.

Biasanya anak muda tipe ini juga jadi social influencer di kalangan peers-nya lantaran mereka lebih dipandang di sekeliling berkat jiwa ‘mangan ora mangan, sing penting kumpul.’

Anak muda tipe the socializer memiliki kemampuan manajemen yang baik sehingga mudah bekerja atau diajak kerjasama dengan sistem struktur yang jelas.

6. The Conservative

PR ConsultantKerap dibilang anak muda yang lurus-lurus saja hidupnya, kalau naik motor biasanya akan memakai helm bawaan dari brand motor. Itulah anak muda tipe the conservative, atau anak muda yang ‘alon-alon asal kelakon’. Mereka sederhana tapi dapat diandalkan. Dalam mengambil keputusan mereka anak bergantung pada nilai-nilai yang sudah diturunkan terhadap mereka dari orang tua ataupun dari tempat kerja. Begitu juga dalam memilih barang yang dikonsumsi sehari-hari, tipe anak muda ini akan lebih mengedepankan keaslian dan harga yang terjangkau ketimbang brand image.

7. The Collaborator

PR Consultant

Anak muda tipe collaborator merupakan penyeimbang semesta. Mereka ini penuh ide, sangat toleransi, dan memiliki kemampuan team work jempolan. Dalam kehidupan sosial, mereka inilah yang menyeimbangkan berbagai tipe anak muda demi menciptakan kerjasama epik demi menggapai tujuan bersama. ‘Tut wuri Handayani’ merupakan filosofi hidup mereka sehingga siapapun yang bekerjasama dengan mereka akan memberikan rasa hormat setinggi-tingginya. Dalam urusan komunikasi, anak muda tipe collaborator tahu betul cara menjalin komunikasi yang baik sesuai dengan karakter lawan bicaranya.Baca juga: Government Affairs Harus Ditangani Serius, Ini 5 Alasannya. Nomor 2 Paling Logis

WordPress Video Lightbox
WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions about how we can support you!
👋 Hi, how can I help?