PR Agency Jakarta

PR Agency Jakarta Punya 4 Saran Bagi Fresh Graduate yang Ingin Magang di Agency PR

PR Agency Jakarta – Imogen PR. Magang di agency PR itu merupakan satu langkah penting yang harus dilakukan para fresh graduate agar bisa memiliki awal karir yang baik. Pasalnya ada banyak keuntungan dari magang di PR agency yang dapat meningkatkan keahlian dan daya jual dari seorang profesional PR. Tidak heran kalau agency PR itu jadi tempat magang favorit. Tapi kali ini kita tidak akan membahas mengapa PR Agency Jakarta jadi tempat magang favorit, kalau penasaran dengan pembahasan itu bisa disimak di Konsultan Humas Jakarta Banyak Diminati Sebagai Tempat Magang, Ini 4 Alasannya!

Kali ini Imogen PR ingin lebih menyoroti para fresh graduate yang sudah memutuskan atau akan mulai magang di PR Agency Jakarta. Pastinya sebelum memulai hari pertama sebagai anak magang. Rasa gugup, cemas, dan takut melanda. Apa yang harus dilakukan pada hari pertama? Lalu goal apa yang harus ditetapkan selama masa magang dan sebagainya. Sesungguhnya rasa gugup, cemas, dan takut itu merupakan hal yang biasa terjadi. Terutama ketika akan memulai sesuatu, namun yang membedakan adalah bagaimana kita menyikapi rasa tersebut. Kalau kamu bisa pintar menyikapinya maka kondisi akan aman terkendali.

Baca juga: Communication Consultant 101; 4 Cara Bedakan Communication Consultant Handal Dan Amatir

Untuk dapat pintar menyikapi rasa gugup, cemas, dan takut kamu perlu sebuah rencana. Nah, agar bisa membangun rencana magang yang baik simak dulu 4 saran dari PR Agency Jakarta sebelum memulai masa magang kamu. 

PR Agency Jakarta

1. Mulai Ubah Kebiasaan Sehari-hari

Tips ini penting bagi para fresh graduate yang belum pernah memiliki pengalaman kerja kantoran dengan jadwal kerja dari 9 to 6. Sebelum memulai masa magang di PR Agency Jakarta, kamu harus mengubah kebiasaan sehari-hari kamu. Hilangkan kebiasaan tidur larut malam, gunakan waktu untuk istirahat ketimbang binge watching serial atau drama Korea favorit kamu. Ingat magang itu lebih penting karena itu berpengaruh terhadap masa depan karir kamu, jadi dari awal kamu harus profesional. Datang tepat waktu dan pulang pun tepat waktu, kalau kamu bisa menjalankan itu berarti kamu menggunakan waktu kerja secara efektif jadi kamu tidak perlu lembur untuk menyelesaikan tugas.

Kecuali bila kamu memang sudah lembur dan berlama-lama di kantor, itu cerita yang berbeda. Meskipun biasanya PR Agency Jakarta memiliki jam kerja yang fleksibel ketika pekerjaan sedang padat, tapi bukan berarti kamu bisa dengan santainya datang siang ke kantor. Setiap gerak-gerik kamu menjadi penilaian tersendiri. Tunjukan bahwa kamu merupakan orang yang komitmen dan menghargai waktu, ini akan menjadi nilai plus untuk kamu kelak.

Baca juga: Memilih Konsultan Public Relations Terbaik, Nomor 5 Itu Paling Penting

PR Agency Jakarta

2. Bangun Rencana Dari Hari Pertama Magang di PR Agency Jakarta

Untuk mendapatkan keahlian yang maksimal dari masa magang di PR Agency Jakarta, kamu harus membuat rencana mulai dari hari pertama. Apa saja yang ingin kamu lakukan dan pelajari satu per satu kamu jabarkan dan beri jadwal untuk masing-masing skill set. Seberapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menguasai satu skill set? Tentukan dan eksekusi. Berikan tenggat waktu kepada diri kamu sendiri. Meskipun selama perjalanan banyak hal bisa berubah tapi setidaknya kamu tetap punya panduan jelas sehingga waktu magang kamu tidak habis hanya untuk ‘haha hihi’.

Misalnya kalau kamu ingin menjadi seorang PR Consultant, maka dari hari pertama buatlah rencana skill set apa saja yang kamu ingin pelajari dari seorang PR consultant senior. Apakah kemampuan membangun rencana kampanye, presentasi, atau kemampuan menghadapi klien? Bila kamu membangun rencana dari awal, dijamin masa magang kamu akan membawa banyak pembelajaran untuk kamu memulai karir.

PR Agency Jakarta

3. Jangan Takut Untuk Bertanya

Penyakit paling akut dari banyak orang (termasuk anak magang) adalah takut bertanya lantaran tidak ingin terlihat bodoh dan tidak ingin mengganggu orang lain. Padahal bertanya merupakan media kamu untuk mendalami sesuatu dengan lebih tajam. Bila tidak bertanya bagaimana kamu tahu bahwa press release yang baik harus memiliki lead yang nendang? Bila tidak bertanya bagaimana kamu tahu bagaimana menentukan key message? Semua kemampuan spesifik dimulai dari sebuah pertanyaan. Maka jangan lah takut bertanya, justru kamu harus banyak bertanya selama masa magang.

Bertanya itu tidak akan membuat kamu terlihat bodoh, melainkan membuat kamu terlihat aktif dan banyak berpartisipasi dalam pekerjaan. Bila ada orang yang merasa terganggu hanya karena kamu banyak bertanya, berarti yang bermasalah adalah mereka bukan kamu. Tapi tolong diingat ya, hal-hal yang ditanyakan haruslah penting atau krusial. Jangan sedikit-sedikit bertanya pertanyaan yang remeh temeh.

4. Belajar Sebanyak-banyaknya PR Jargon

Untuk menunjukan bahwa kamu memahami sebuah profesi, kamu bisa menggunakan jargon yang kerap digunakan oleh profesi tersebut. Sama halnya ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang PR consultant dan magang di PR Agency Jakarta, tugas utama kamu adalah belajar tentang PR jargon dan bagaimana cara menggunakannya. Jadi ketika nanti waktunya kamu terjun langsung dan menghadapi klien, kamu bisa lebih luwes dalam membuat strategi dan mempresentasikannya di hadapan klien.

Dengan menguasai penggunaan PR jargon kamu juga menunjukan bahwa kamu memiliki pengalaman yang cukup dalam menjalan profesi PR consultant, jadi tidak ada orang yang akan mempertanyakan kemampuan kamu. Maka dari itu masa-masa kamu magang di PR Agency Jakarta merupakan masa yang tepat untuk kamu mempelajarinya. Bila ada jargon yang kamu tidak paham, sekali lagi jangan malu untuk bertanya dan meminta untuk dijelaskan. Kamu bisa mencatatnya dan mulai memahaminya. Setelah paham betul, maka kamu bisa mulai menggunakannya.

Itu dia 4 saran bagi para fresh graduate yang ingin magang di PR Agency Jakarta, tunggu tips bagian keduanya ya.

Baca juga: Public Relations Agency Jakarta Ini Punya 5 Cara Jitu Mengelola Krisis

WordPress Video Lightbox
WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions about how we can support you!
👋 Hi, how can I help?