Media PR

Media PR 101; 4 Target Penting yang Dapat Diraih dengan PR

Media PR – Imogen PR. Meski kata PR atau public relations sudah sangat familiar didengar oleh para profesional dan juga perusahaan-perusahaan baik berskala kecil maupun besar, namun masih sedikit orang yang betul-betul paham apa itu PR dan apa saja target yang bisa diraih melalui media PR. Sehingga masih terjadi banyak kesalahpahaman yang pada akhirnya membuat public relations menjadi dianggap bukan hal yang penting.

Memahami betul apa itu PR dapat membuat kita lebih mudah untuk mengerti lebih jauh tentang media PR beserta fungsi-fungsinya. Secara garis besarnya inilah arti dari public relations atau PR.

Baca juga: Consultant PR Berkarya; 1 Dekade Lebih Imogen PR

Public Relations adalah Tentang Menyampaikan Pesan

Media PR

Esensi utama dari PR atau public relations adalah sebuah media untuk menyampaikan pesan yang tepat untuk orang yang tepat, tentu saja menggunakan media PR yang tepat. Baik itu koran, majalah, media daring, ataupun melalui orang-orang yang mempunyai pengaruh besar akan sebuah topik. Biasanya para agensi PR akan bekerjasama dengan klien untuk mewujudkan tujuan ini dan mempromosikan klien pada audience di industri masing-masing.

Satu hal yang tak banyak orang sadari adalah bahwa media PR merupakan sebuah media yang dapat membawa keuntungan bagi perusahaan baik itu material ataupun nonmaterial salah satunya adalah nama besar yang akan menempel di benak konsumen. Dengan cara memanfaatkan media PR secara benar dan berkala maka perusahaan dapat mencapai tujuan yang mereka inginkan dan melewati setiap rintangan atau krisis yang menghadang selama perjalanan.

Ketika sudah memahami betul tentang public relations dan apa perannya dalam perkembangan bisnis klien, maka berikut ini adalah 5 target penting yang dapat diraih melalui PR.

Baca juga: Local PR Agency Jakarta Dengan Jaringan PROI Worldwide 2021

1. Media PR Dapat Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Media PRKredibilitas sebuah perusahaan di mata peers dan stakeholders tidak bisa dibangun dalam semalam, target penting ini dicapai melalui kerja keras dan juga hubungan dengan agensi public relations. Faktanya, apapun industrinya kepercayaan memegang peran penting dalam menentukan kesuksesan bisnis. Tanpa sebuah kepercayaan, sebuah bisnis tak akan dapat meraih potensi penjualan mereka. Untuk membangun sebuah jembatan antara sebuah bisnis ke potensi konsumen, mereka membutuhkan media PR. Dengan bantuan public relations, perusahaan dapat membangun kredibilitas mereka terhadap industri yang ditekuni dan juga meningkatkan reputasi perusahaan. Ingat bahwa fungsi PR adalah menyampaikan pesan? Disinilah peran itu dimainkan, dengan menyampaikan pesan yang tepat maka perusahaan dapat membangun kredibilitas mereka.

2. Target Profit dan Penjualan Dapat Diraih dengan PR

public relationsPeran sebuah marketing tak akan lengkap tanpa PR, pasalnya sebuah perusahaan yang melakukan aktivitas PR secara berkala dan terstruktur akan dapat meningkatkan reputasinya dan ketika itu leads potential customer akan datang dengan sendirinya. Selain itu customer dan klien akan memiliki opsi lebih untuk saling terkoneksi melalui pesan yang disampaikan perusahaan dan juga melalui rilisan press.

Agensi PR seperti Imogen PR akan membantu para klien untuk membangun sebuah cerita yang menarik berisi pesan tajam untuk para audience. Hal ini akan menarik new potential customer dan pada akhirnya akan meningkatkan penjualan dan juga profit secara keseluruhan.

3. PR Mengubah Pandangan Terhadap Brand

public relationsPernah bertanya-tanya mengapa es krim Magnum kini menjadi sebuah bagian dari gaya hidup orang-orang dewasa padahal biasanya es krim lekat dengan citra anak-anak dan keluarga? Hal ini tentu berkat kerja keras Imogen PR dalam membangun citra melalui cerita dan juga kegiatan PR untuk menyampaikan pesan melalui Magnum Cafe sehingga Magnum dapat menemukan pelanggan mereka sesuai dengan apa yang ditargetkan di awal.

Era modern dan serba daring ini membuat informasi menyebar dan dapat didapatkan dengan mudah oleh siapa saja, sehingga informasi mengenai brand atau sebuah produk mudah didapatkan. Jujur saja, perusahaan tidak punya kontrol terhadap hal tersebut. Banyak brand yang mendapatkan predikat buruk hanya karena melakukan kesalahan kecil atau bahkan tanpa melakukan kesalahan apa-apa. Untuk memperbaiki hal tersebut tentu saja perusahaan membutuhkan media PR.

Selain itu biasanya orang lebih mempercayai informasi dari sumber yang objektif sebagai kebalikan dari iklan-iklan komersial yang banyak beredar. Dengan koneksi kuat dari sebuah agensi public relations maka pemberitaan dan koneksi perusahaan terhadap publik dapat dijaga.

4. PR Meningkatkan Eksistensi di Era Digital

Media PRSeperti yang sudah disampaikan di atas bahwa saat ini kita sudah memasuki era digital di mana arus informasi sudah sangat deras mengalir sehingga membuat brand sulit untuk tetap berada di permukaan tanpa tenggelam oleh arus. Agar tetap eksis dan juga relevan di era digital ini maka brand membutuhkan bantuan PR. Dengan kepiawaian dan koneksi kuat maka agensi PR akan memastikan bahwa brand tetap berada di permukaan melalui serangkaian strategi dan eksekusi dalam aktivitas PR.

Agensi PR akan menggunakan kanal-kanal PR yang efektif untuk menyampaikan pesan brand terhadap konsumennya, baik itu melalui media online, social influencer, dan juga stakeholders di dalam pemerintahan. Ditambah lagi keahlian agensi PR dalam mengelola krisis akan membawa brand melalui aral yang melintang dan krikil tajam.

Baca juga: Corporate PR Agency Profesional Harus Punya 4 Akar Yang Kuat Agar Dapat Berjaya Di Era 4.0

No Comments

Post A Comment

WordPress Video Lightbox
WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions about how we can support you!
👋 Hi, how can I help?