Skip to main content

Public Affairs Consultant

PR Consultant – Imogen PR. Setiap perusahaan akan berjuang mati-matian demi nama baiknya. Reputasi positif merupakan hal mutlak yang harus dicapai. Sekali tergelincir maka konsumen akan pergi satu persatu. Mereka sadar untuk membangun sebuah citra yang baik membutuhkan waktu yang lama, tetapi setelah terbentuk maka kepercayaan masyarakat ada digenggaman. Dalam membangun reputasinya, banyak firma yang tak segan-segan menggunakan jasa konsultan public relations.

Konsultan public relations merupakan penyelenggara jasa-jasa teknis dan kreatif  tertentu oleh seseorang atau sekelompok orang. Spesialisasi yang mereka miliki berasal dari  pengalaman dan latihan yang telah mereka dapatkan sebelumnya. Dalam menjalankan fungsi  tersebut, mereka memiliki suatu identitas tersendiri yang sah menurut hukum. Bukan hanya  sekedar untuk memvisualkan sebuah perusahaan, Konsultan public relations ikut berperan  dalam penyebaran visi, misi dan program perusahaan.

Selain untuk meningkatkan prestise dan hubungan dengan pihak luar, perusahaan  sangat memerlukan jasa konsultan public relations dikarenakan 6 alasan berikut :

  1. Divisi internal sebuah perusahaan tidak memiliki public relations yang resmi dan kurang berpengalaman dalam mengelola program public relations.
  2. Kantor pusat terletak jauh dari ibukota negara.
  3. Kontrak-kontrak dikelola oleh agensi.
  4. Agensi luar dapat menyediakan jasa dari para public relations yang berpengalaman, namun tidak bersedia pindah ke kota lain dan gaji mereka tidak dapat dipenuhi oleh satu firma.
  5. Perusahaan yang mempunyai divisi public relations, tetapi sangat membutuhkan jasa public relations khusus karena tidak dapat dipenuhi oleh staf divisi public relations internalnya.
  6. Perlunya pihak luar agar dapat memberikan penilaian independen terhadap kebijakan yang bersifat krusial
  7. Konsultan public relations dianggap sebagai lembaga yang penuh dengan gagasan atau ide-ide, mampu memecahkan masalah yang dihadapi, memiliki kemampuan dalam menyusun rencana yang orisinil dan mampu mengembangkan imajinasi untuk melahirkan kreativitas kerjanya.

Konsultan public relations dianggap mampu menciptakan jalur komunikasi terbaik  dengan khalayak luar, membina komunikasi manajemen, melakukan berbagai kegiatan dan memberikan saran-saran yang berkaitan dengan usaha penjualan dan pemasaran, memberikan  bantuan dalam hal pembinaan hubungan dengan lembaga-lembaga politik, pemerintah atau  lembaga-lembaga keuangan, menata jaringan hubungan personalia, serta turut membantu  pelaksanaan pendidikan dan latihan lanjutan.

Satu hal yang perlu diingat, konsultan public relations bersifat konsultatif kepada perusahaan. Dapat diartikan bahwa konsultan public relations akan memberikan anjuran, petunjuk, nasihat atau saran-saran yang dianggap berguna dan terbaik bagi sebuah perusahaan. Semua yang diberikan dapat dipakai atau tidak tergantung  dari kebijakan perusahaan tersebut.

Dalam menjalin kerja sama dengan konsultan public relations, sebuah perseroan tidak  akan sembarangan memilih. Ada kompetensi-kompetensi tertentu yang akan menjadi  pertimbangan dalam menjalin kerja sama. Adapun kompetensi yang harus dimiliki oleh  seorang konsultan public relations agar perusahaan mau mengontrak mereka yaitu :

  1. Keahlian dalam berkomunikasi

Mampu berkomunikasi dengan baik merupakan tugas utama dari konsultan public relations.  Apa jadinya jika konsultan public relations tidak memiliki kecakapan tersebut. Jangankan  dapat menjalin kerja sama, cuma untuk meyakinkan pun akan terasa sulit.

  1. Kemampuan mengorganisasikan

Konsultan public relations dapat melakukan manajerial sehingga program public relations dapat dikelola dengan baik. Dimulai dari pengumpulan data, membuat perencanaan,  mengkomunikasikan dan melakukan evaluasi terhadap program public relations.

  1. Kecakapan dalam membina relasi dan bergaul

Konsultan public relations mampu menciptakan jaringan dengan pihak manapun, baik dengan  pihak perusahaan atau dengan public relations itu sendiri.

  1. Mengedepankan Kejujuran

Kejujuran harus menjadi landasan dasar bagi setiap profesi apapun termasuk konsultan public  relations. Melalui aspek ini akan terbentuk kredibilitas atau kepercayaan dari orang lain.

  1. 5. Memiliki imajinasi yang kuat

Membangun citra perusahaan yang baik itu tidak mudah, hal inilah yang melandasi  diperlukannya jasa konsultan public relations, yaitu untuk kepentingan komunikasi sesaat. Semenjak meningkatnya kesadaran akan manfaat komunikasi bagi keberlangsungan  sebuah perusahaan, kebutuhan akan konsultan public relations semakin diperlukan.

Komunikasi yang berfungsi untuk membentuk citra positif perusahaan menjadi sangat penting.  Hal ini yang akan berdampak langsung bagi kepercayaan masyarakat terhadap suatu produk. Melalui komunikasi yang dipelihara dengan baik terhadap pihak internal atau eksternal perusahaan, terselubung di dalamnya untuk membentuk citra sebagai tujuan akhirnya. Citra positif inilah yang nantinya akan membantu kesuksesan sebuah perusahaan.  Masyarakat yang sudah percaya akan mudah untuk dibujuk untuk melakukan apapun  yang diinginkan. Selain itu, citra yang baik dapat menjadi perisai saat krisis.

Sumber :

Baskin and Aronoff. dalam Dina Sekar Vusparatih. (1988). Public Relation, The Professional  and the Practice. USA: Wm. C. Brown Publisher.

Fadillah, Siti Sekar Ayu, dan Dwi Kartikawati. 2020. Aktivitas Media Relations Konsultan  Public Relations Media Buffet dalam Membantu Pembentukan Citra Perusahaan Klien. Jurnal  Komunikasi Universitas Garut. 6 (2).

Jefkins, F dalam Dina Sekar Vusparatih. (2003). Public Relation. Jakarta: Erlangga. Nuryudhi. 2020. Peran Konsultan Public Relation Untuk Branding dan Campaign.  https://nuryudhi.com/konsultan-public-relation. Diakses tanggal 05 Desember 2021 pukul  12.30 WIB.

Soemirat, S., dan Ardianto, E dalam Dina Sekar Vusparatih. (2010). Dasar-dasar Public  Relation. Bandung: Remaja Rosdakarya

Vusparatih, Dina Sekar. 2013. Biro Konsultan PR dan Kompetensi Praktisi PR di Era  Industrialisasi Komunikasi dan Pencitraan. Jurnal Humaniora. 4 (1).

WeCreativez WhatsApp Support
Head of Imogen is here to answer your questions.
👋 Hi, how can I help?