Konsultan Komunikasi

Konsultan Komunikasi Jelaskan 6 Topik Penting yang Harus Dibuatkan Press Release

Konsultan Komunikasi – Imogen PR. Bagi seorang Konsultan Komunikasi, membuat press release merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai dengan baik. Pasalnya press release merupakan salah satu press tools penting sehingga harus disusun dan ditulis dengan rapi dan sistematis agar mudah dimengerti dan valid sebagai sumber informasi bagi media. Ada banyak hal yang harus dibuatkan press release demi mencegah penyebaran informasi tidak benar dan simpang siur di kalangan publik agar tidak ada isu negatif atau salah persepsi.

Imogen PR akan menjelaskan 6 topik penting yang harus dibuatkan press release, namun sebelum masuk ke ranah tersebut ada baiknya untuk mengetahui lebih lanjut tentang seluk beluk dan definisi dari press release. 

Baca juga: Communication Consultant 101 : Cara Jitu Menjaga Hubungan Dengan Media

Apa Itu Press Release, dan Mengapa Sangat Penting Bagi Seorang Konsultan Komunikasi?

Sederhananya press release merupakan sebuah pengumuman formal yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan, di dalamnya berisi banyak hal-hal penting dan informasi terbaru tentang perusahaan. Tujuan dari dibuatkan press release adalah untuk dijadikan sumber informasi dan cerita bagi para awak media. Sebuah press release yang baik akan mampu menumbuhkan pemberitaan baik sekaligus membantu perusahaan untuk membentuk image melalui cerita yang disampaikan. Kemampuan untuk membuat press release merupakan penting dikuasai seorang Konsultan Komunikasi.

Press release biasanya disebarkan dengan berbagai cara, beberapa di antaranya seperti:

  • Melalui press conference dan aktivitas PR lainnya
  • Melalui website resmi perusahaan
  • Email blast kepada para awak media
  • Media center di event-event yang diadakan oleh perusahaan

Bagi seorang Konsultan Komunikasi, belajar untuk membuat press release yang baik merupakan hal yang harus dilakukan terus menerus. Tak ada batasannya karena setiap industri atau bisnis memiliki cangkupan yang berbeda sehingga teknik penyusunan press release pun pasti berbeda. Dan jangan lupa bahwa kreativitas juga memiliki peran penting dalam menciptakan press release yang memikat. Kreativitas merupakan sesuatu yang harus terus diasah.

Setelah memahami kembali seluk beluk press release, kini mari kita masuk ke dalam 6 topik penting yang harus disampaikan melalui press release. Ini penting untuk diketahui oleh Konsultan Komunikasi.

Konsultan Komunikasi

1. Products Launches and Company Updates

Topik press release ini paling sering dibuat sebab setiap tahunnya ada ribuan products launching dari berbagai industri, ditambah lagi dengan berita terkini dari perusahaan. Kemungkinan besar press release topik ini yang akan banyak dibuat oleh Konsultan Komunikasi. Press release topik ini biasanya disertai oleh visual produk. Struktur visualnya bervariasi, ada yang dibuat seperti media sosial atau layaknya advertisement banner.

Press release dengan topik ini disarankan memiliki kandungan kata tidak lebih dari 250 kata sehingga akan mudah dicerna dan memiliki susunan kata yang menarik lantaran kaya akan powerful words. Salah satu tips ketika membuat press release tipe ini adalah bila produk tergolong baru di masyarakat maka buatlah penekan kepada pendapat dari CEO atau representatif perusahaan agar penjelasan tentang produk lebih jelas dan personal.

2. Pengumuman Tentang Acara yang Akan Datang

Bagi sebagian besar Konsultan Komunikasi pendatang baru pasti akan kaget sebab topik ini harus disampaikan melalui press release. Bukan kah press release biasanya berisi informasi tentang produk atau informasi penting lainnya? Tentu tidak, bila mengacu pada definisi press release, tentunya ada banyak hal yang harus disampaikan menggunakan press release. Termasuk tentang acara yang akan diadakan oleh perusahaan.

Press release dengan topik ini mengemban misi tidak hanya menyebarkan informasi tentang acara terkait tetapi juga mengajak sebanyak-banyaknya media (dan publik) untuk datang. Trik agar dapat menarik banyak orang datang adalah dengan menggunakan kalimat yang witty atau cerdas dan playful dikombinasi dengan visual menarik. Press release dapat juga dikatakan sebagai full press kit, jadi sertakan juga informasi mendalam tentang acara tersebut di dokumen berbeda sehingga media dapat mengunduhnya sesuai kebutuhan.

Baca juga: Praktisi Public Relations Jadi Jalan Ninja Millennial Membangun Karir, Ini 4 Bukti Kalau Bekerja Di PR Itu Career Booster

Konsultan Komunikasi

3. Perubahan Kepemimpinan

Wahai Konsultan Komunikasi, ketahuilah bahwa perubahan kepemimpinan di dalam sebuah perusahaan merupakan berita besar yang harus dibuatkan press release-nya demi menghindari isu tak diinginkan yang nantinya dapat berpotensi menjadi krisis. Apalagi bagi perusahaan besar, hal ini sangat krusial. Perubahan kepemimpinan akan menghasilkan arahan, strategi, dan keputusan bisnis baru yang tentunya dapat menjadi berita yang menarik bagi media. Publik pun harus tahu informasi ini dari sumber yang valid, maka dari itu peranan press release jenis ini sangat penting. Jadi Konsultan Komunikasi tak boleh melewatkannya.

Maka dari itu jangan sampai lupa membuat press release setiap kali terjadi perubahan kepemimpinan, terutama pada level atas. Sedikit tips, bila kepemimpinan yang berganti ada di level CEO atau direksi maka pastikan muat profil singkat dan jejak karir mereka, kemudian jangan lupa juga untuk memuat kutipan dari kepemimpinan yang baru demi mendukung visi dan misi mereka.

4. Perubahan Merek atau Kemasan

Baik itu perusahaan besar atau kecil, menyebarkan press release tiap kali ada perubahan merek atau kemasan adalah hal yang penting agar tidak ada kebingungan dan polemik yang terjadi di publik. Bisa saja perubahan merek dan kemasan tanpa sebaran press release membuat publik meragukan keaslian produk yang beredar di pasaran. Hal pertama yang harus ditekankan oleh Konsultan Komunikasi melalui press release adalah bagaimana tampilan atau merek yang baru agar publik dapat mengenalinya.

Setelah itu Konsultan Komunikasi dapat melanjutkannya dengan informasi detail tentang cerita dan alasan dibalik perubahan tersebut, dan pesan apa yang ingin disampaikan melalui kemasan atau merek terbaru tersebut. Dengan begitu perusahaan tidak hanya dapat mempertahankan konsumen setia mereka tetapi juga dapat menarik konsumen baru.

Konsultan Komunikasi

5. Pengumuman Penghargaan

Divisi marketing pasti akan marah besar bisa seorang Konsultan Komunikasi tidak mengangkat cerita tentang penghargaan yang didapatkan perusahaan dalam sebuah press release. Dalam pikiran mereka bagaimana bisa berita penting dan menjual ini tidak disampaikan kepada publik melalui media. Jika tidak ingin diprotes oleh divisi marketing maka seorang Konsultan Komunikasi harus ikut aktif untuk menyebarkan informasi terkini termasuk tentang penghargaan yang didapatkan perusahaan.

Dengan banyaknya topik yang harus diangkat melalui press release, maka harus dibangun kesadaran bagi para perusahaan untuk lebih memperhatikan bagaimana sirkulasi press release mereka. Reputasi dan kredibilitas perusahaan dibangun salah satunya dengan melakukan distribusi press release yang berkala. Jadi meskipun tidak ada produk baru atau acara terbaru, sebuah perusahaan tetap membutuhkan layanan press release distribution dari Konsultan Komunikasi yang handal.

Baca juga: Konsultan Humas Jakarta Banyak Diminati Sebagai Tempat Magang, Ini 4 Alasannya!

WordPress Video Lightbox
WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions about how we can support you!
👋 Hi, how can I help?