Government Affairs

Government Affairs Harus Ditangani Serius, Ini 5 Alasannya. Nomor 2 Paling Logis

Government Affairs – Imogen PR. Untuk menjaga kestabilan bisnis, sebuah perusahaan diharuskan menjalin hubungan baik dengan publik atau audiens. Malahan tidak hanya menjalin tapi juga dikelola agar tetap baik. Sebab hubungan yang baik dengan publik dapat menaikan citra atau persepsi publik terhadap perusahaan yang pada akhirnya akan memenangkan kepercayaan publik hingga menaikan angka penjualan atau penggunaan jasa. Untuk bisa menjalin hubungan dengan publik, tentunya perusahaan membutuhkan bantuan dari PR sebagai jembatan antara perusahaan dan publik.

Government AffairsAgar dapat memenangkan hati publik tentunya membutuhkan relasi yang kuat terhadap stakeholder terkait seperti media, public figure, dan pemerintahan. Mungkin selama ini rata-rata perusahaan sudah paham bahwa mereka membutuhkan PR agar dapat menjalin hubungan dengan media dan public figure. Dengan jaringan luas dan kemampuan mengemas cerita yang kuat, tentu jasa seorang konsultan PR dibutuhkan. Tetapi sayangnya pentingnya menjalin hubungan dengan pemerintahan masih belum banyak dipahami oleh banyak perusahaan.

Baca juga: Praktisi Public Relations Jadi Jalan Ninja Millennial Membangun Karir, Ini 4 Bukti Kalau Bekerja Di PR Itu Career Booster

Layanan Government Affairs pun jadi asing di telinga, padahal perannya sangat besar terhadap perkembangan perusahaan. Hanya dengan hubungan baik dengan pemerintahan, sebuah perusahaan dapat dengan mulus menjalankan agenda bisnis. Hubungannya pun bukan dari sisi komersial atau saling menguntungkan namun berdasarkan asas saling percaya dan kredibilitas. Oleh karena itu, untuk membangunkan kesadaran betapa pentingnya Government Affairs. Imogen PR akan menjabarkan 5 alasan mengapa Government Affairs harus ditangani secara serius. Berikut penjelasannya.

1. Government Affairs Membantu Merepresentasikan Interest Perusahaan ke Industri yang Lebih Besar

Government AffairsBagi sebuah perusahaan, menjalin komunikasi dengan pemerintahan bisa menjadi sangat tendensius dan membingungkan. Maka dari itu dibutuhkan Government Affairs sebagai media untuk mereka dapat memetakan dan menjalin komunikasi dan relasi dengan orang yang tepat sehingga dapat menjadi representasi dari perusahaan untuk menyampai interest perusahaan terhadap industri yang lebih besar. Harus ada kehati-hatian dalam menyampai interest perusahaan ke pemerintahan agar tidak terjadi salah paham atau miskonsepsi.

Interest tersebut harus dikemas dengan komunikasi yang baik agar pesannya tersampaikan dengan baik agar dapat diterima dengan baik oleh pemerintahan. Harapannya pemerintah akan menangkap interest tersebut sebagai sebuah gesture positif dari perusahaan yang akan membawa kebaikan bagi publik kedepannya. Sebuah niat baik akan jadi negatif bila tidak disampaikan dengan baik, jadi bagaimana cara menyampaikan sesuatu sangat penting. Itulah mengapa perusahaan membutuhkan Government Affairs.

2. Memberikan Informasi Terkini Tentang Kebijakan Pemerintah

Government AffairsGovernment Affairs dapat menjadi sumber yang kredibel untuk perusahaan mengetahui kebijakan terbaru yang dikeluarkan pemerintah. Apa ini penting? Tentu saja. Untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutkan dibutuhkan sebuah sinkronisasi antara agenda perusahaan dengan kebijakan pemerintah. Hubungan saling menguntungkan antara para stakeholder pun dapat terjalin bila perusahaan cerdik dalam membaca setiap langkah pemerintah. Dengan begitu kepentingan perusahaan pun tidak akan bertabrakan dengan kebijakan pemerintah.

Bila ditemukan potensi gesekan antara kepentingan perusahaan dan kebijakan perusahaan, dapat dilakukan pencegahan menggunakan hubungan Government Affairs yang kuat.

Baca juga: Konsultan Humas Jakarta Banyak Diminati Sebagai Tempat Magang, Ini 4 Alasannya!

3. Membangun Pesan yang Dapat Menarik Perhatian Pemerintahan

Government AffairsDalam dunia komunikasi, sebuah cerita sangat penting. Dan salah satu peran penting dari seorang konsultan PR adalah membangun pesan kemudian menjadikannya cerita yang menarik bagi para stakeholder. Agar efektif, pesan dan cerita harus dikemas secara personal. Disesuaikan dengan stakeholder yang dituju. Membangun pesan untuk publik dengan pemangku pemerintahan tentu akan berbeda hingga dibutuhkan peran Government Affairs. Pesan yang tepat akan menjadi cerita yang memiliki kekuatan untuk menarik perhatian pemerintah.

Ketertarikan tentu akan membuka pintu relasi dan kerjasama lebih lanjut antara perusahaan dan pemerintah setempat.

4. Melakukan Lobbying Langsung ke Pemerintah

Government AffairsDalam upaya mempengaruhi kebijakan pemerintah harus dilakukan lobbying yang tepat kepada pengambil keputusan di dalam pemerintahan. Langkah ini paling krusial dan paling sulit dilakukan lantaran ada banyak lapisan yang harus dilalui sebelum sampai ke pemegang keputusan. Perusahaan tidak bisa melakukannya sendiri melainkan butuh bantuan Government Affairs yang memiliki jaringan dan kredibilitas kuat di dalam pemerintah agar proses lobbying yang dilakukan efektif dalam mempengaruhi kebijakan.

5. Membangun Relasi Baik Kepada Kunci Pemerintahan

Government AffairsHal lain yang membuat Government Affairs menjadi sangat penting bagi perusahaan adalah kebutuhan untuk membangun relasi kepada kunci di pemerintahan. Ini pekerjaan berat yang harus dilakukan dengan bantuan Government Affairs karena diharuskan strategi yang tepat sehingga tepat sasaran. Dalam satu badan organisasi pemerintahan biasanya memiliki beberapa kunci pemerintahan yang membawahi bagian-bagian tertentu. Dengan strategi yang tepat dari Government Affairs maka perusahaan dapat menjalin relasi dengan bagian yang memegang kuasa terhadap sektor tertentu. Mereka-mereka inilah yang nantinya harus didekati agar dapat terjadi relasi yang baik.

Baca juga: Communication Consultant 101 : Cara Jitu Menjaga Hubungan Dengan Media

WordPress Video Lightbox
WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions about how we can support you!
👋 Hi, how can I help?