Revolusi Industri 4.0

Corporate PR Agency Profesional Harus Punya 4 Akar yang Kuat Agar Dapat Berjaya di Era 4.0

Corporate PR Agency – Imogen PR. Tidak bisa dielakan lagi bahwa perubahan tren dunia berputar semakin cepat semenjak satu dekade belakangan. Salah satu faktor pendorongnya adalah akses digital yang semakin mudah dan juga teknologi komunikasi yang selalu berkembang sehingga membuat para pelaku bisnis dan corporate PR agency harus memutar otak lebih cepat lagi untuk menemukan ide komunikasi baru sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima publik dan membawa dampak positif terhadap kesehatan bisnis perusahaan.

Faktor lain yang menjadi penyebab semakin cepatnya perubahan adalah era industri 4.0 yang digalakkan oleh pemerintahan beberapa tahun belakangan. Untuk memahami lebih lanjut tentang apa itu industri 4.0 dan apa hubunganya dengan corporate PR agency, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang poin-poin penting dalam revolusi industri 4.0 seperti berikut ini.

Corporate PR Agency

Baca juga: Bicara Soal Era Disrupsi; Bekal Praktisi PR Hadapi Era Disrupsi Melalui 17 Kasus Sukses

Revolusi Industri 4.0 memiliki Pilar Teknologi

Revolusi industri 4.0 sesungguhnya telah digaungkan oleh pemerintahan Jerman pada Hannover Fair di tahun 2011, istilah ini dipilih untuk mewakili langkah pemerintahan Jerman yang ingin meningkatkan industri ke tahapan selanjutnya dengan bantuan teknologi. Menurut Forbes, revolusi keempat ini memiliki arti keikutsertaan sistem cerdas dan otomatisasi dalam industri yang digerakan oleh data melalui machine learning dan AI atau kecerdasan buatan.

Sesungguhnya kesertaan komputer telah terjadi di semenjak revolusi 3.0, saat itu komputer dipandang sebagai sebuah teknologi yang disruptive atau bisa menciptakan peluang baru. Namun di revolusi keempat peran komputer menjadi lebih krusial dari sebelumnya seperti yang terkandung dalam makna revolusi industri 4.0 berikut ini:

  • Pada revolusi industri 4.0 pelaku industri membiarkan komputer saling terhubung dan berkomunikasi tanpa ada campur tangan manusia, termasuk dalam mengambil keputusan.
  • Internet of things menjadi jantung dari operasional para pelaku industri
  • Pelaku industri menggunakan internet of system untuk menciptakan pabrik dan sistem operasional pintar

Setelah memahami benar tentang revolusi industri 4.0 maka ada langkah-langkah khusus yang harus dilakukan para corporate PR agency untuk menanamkan akar kuat agar dapat berjaya pada era industri 4.0.

Baca juga: Agensi PR ASEAN Berkolaborasi Untuk Tender Global 4.0

 

1. Corporate PR Agency Harus Dapat Memastikan Bahwa Mereka Mudah Ditemukan

Klien bukan orang yang memiliki waktu luang untuk keluar dan mencari informasi tentang corporate PR agency sehingga visibility atau kemudahan pencarian merupakan kunci untuk meningkatkan eksistensi di era revolusi industri 4.0 dimana setiap aktivitas dilakukan melalui jaringan internet dari satu komputer ke komputer lainnya. Mengelola aset-aset digital merupakan langkah paling dasar untuk membuat PR agency mudah ditemukan.

Memiliki aset dan akses baik ke area digital pun akan membantu PR Agency untuk menemukan ide dan strategi komunikasi baru untuk meningkatkan awareness klien ke publik melalui media digital yang terus berkembang.

Corporate PR Agency

2. Mulai Ambil Kontrol Dalam Identitas Brand

Nama besar tidak didapatkan dalam waktu semalam, perlu ada upaya untuk membangun dan menjaga nama besar perusahaan. Terutama ketika arus informasi sudah cepat seperti saat ini. Oleh karena itu corporate PR agency harus mulai ambil kontrol dalam pemberitaan tentang perusahaan mereka untuk menghindari pemberitaan negatif yang dapat membawa hal-hal yang tidak diinginkan.

Aktif membuat pemberitaan atau update positif tentang perusahaan adalah hal penting yang harus dilakukan agar dapat membangun akar kuat dalam sirkulasi informasi dan pemberitaan.

Revolusi Industri 4.03. Membuat Konten yang Relevan dan Menarik

Membuat konten-konten relevan dan eye catching merupakan hal terbaik yang bisa corporate PR agency lakukan untuk membuktikan otoritas dalam bidang atau layanan. Dengan membuat konten secara berkala baik media sosial dan konten website maka PR Agency dapat tetap relevan di era yang terus berganti ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten yang baik.

  • Buat konten original dan bukan sebuah plagiat
  • Konten harus memiliki headline dan informasi yang kuat
  • Pastikan konten memiliki nilai aksi yang tepat
  • Berikan jawaban atas pertanyaan yang dikemukakan dalam konten yang dibuat
  • Pastikan konten yang dibuat akurat dengan industri yang dibidik

Ketepatan, ketelitian, dan originalitas merupakan kunci dalam membagun konten yang baik untuk menaikan eksistensi PR Agency.

Revolusi Industri 4.04. Transparansi dan Kejujuran adalah Kunci Untuk Mendapatkan Kepercayaan Klien

Kejujuran merupakan kunci dalam membangun relasi terhadap klien dan relasi terhadap publik, maka dari itu corporate PR agency harus memastikan transparansi dan kejujuran terhadap stakeholders terjaga agar dapat menghasilkan komunikasi yang efektif. Strategi yang optimal ditambah eksekusi tepat akan selalu menghasilkan sebuah relasi antara perusahaan dan publik yang baik.

Jadi jangan takut untuk selalu menjaga transparansi dan kejujuran terhadap semua stakeholders.

Baca juga: PROI Asean Sepakat Berkolaborasi Strategis Kembangkan Bisnis Baru Di Industri Komunikasi Era 4.0

No Comments

Post A Comment

WordPress Video Lightbox
WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions about how we can support you!
👋 Hi, how can I help?