Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Viral, Cara Unik KFC Inggris Tangani Krisis

Viral, Cara Unik KFC Inggris Tangani Krisis

900 gerai restoran makanan cepat saji KFC di Inggris ditutup karena kekurangan ayam, mulai Senin, 19 Februari 2018, waktu setempat. Masalah itu muncul pada akhir pekan lalu setelah jaringan restoran tersebut mengalihkan kontrak pengirimannya ke DHL.

Sebagai permohonan maaf mereka kepada konsumen yang kecewa, manajemen restoran ayam goreng itu memasang iklan satu halaman penuh di surat kabar Metro.

Dalam iklan, terlihat foto kotak KFC yang kosong dengan latar belakang warna merah khasnya. Ini bagian tercerdasnya, mereka dengan berani mengganti logo KFC menjadi FCK, yang sesungguhnya adalah sebuah kata umpatan dalam bahasa Inggris : FUCK.

Cara KFC meminta maaf dalam iklan itu dipuji oleh warganet karena dianggap jujur dalam meminta maaf atas kesalahan mereka.

Begini bunyi iklannya :

“Sebuah restoran ayam tanpa ayam. Ini tidak ideal. Maaf yang mendalam pada semua pelanggan kami, terutama yang sudah menuju ke restoran kami dan mendapati kami tutup. Terimakasih tak terkira kepada semua tim KFC dan partner-partner franchise kami yang bekerja tanpa lelah untuk memperbaiki keadaan. Ini adalah minggu menegangkan, namun kami terus memperbaiki, dan kini setiap hari bertambah terus ayam segar yang dikirim ke restoran kami. Terimakasih untuk tetap bersama kami”.

Konsultan PR Andrew Bloch menulis di Twitter,” KFC meminta maaf dengan memasang iklan satu halaman penuh di Metro edisi hari ini. Sebuah manajemen krisis PR kelas master.” James Herring juga menulis twitter serupa,” Sebuah iklan permintaan maaf yang sempurna dari KFC.”

Tindakan unik dan brilian KFC ini menjadi viral, dan diberitakan positif oleh banyak media massa di berbagai belahan dunia, antara lain di USA Today, CNBC, Independen, dan juga media-media di tanah air. Salut! Ini menjadi sebuah studi kasus tentang Krisis PR yang patut dicontoh banyak perusahaan.

Pin It on Pinterest